Cara Merekrut Karyawan dan Tips Mendapatkan Kandidat Terbaik

RecruitFirst
Strategi Rekrutmen
09 May 2024
Cara Merekrut Karyawan dan Tips Mendapatkan Kandidat Terbaik

Selain membuat iklan lowongan kerja yang menarik, kamu juga perlu memperhatikan cara merekrut karyawan yang tepat agar bisa mendapatkan kandidat terbaik untuk perusahaanmu. Tahapan rekrutmen karyawan merupakan salah satu tahap penting yang bisa menentukan masa depan perusahaan.

Hal tersebut dikarenakan pada tahap rekrutmen kamu akan menentukan siapa saja yang akan memikul tanggung jawab di perusahaan. Jika dapat memilih orang yang tepat, maka perusahaanmu bisa mengalami kemajuan. Begitu juga sebaliknya, apabila memilih orang yang kurang tepat, maka perusahaan berpotensi akan terhambat perkembangannya.

Buat kamu yang masih belum tahu cara merekrut karyawan yang berkualitas, simak artikel ini sampai tuntas.

Cara Merekrut Karyawan 

Merekrut karyawan bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan sembarangan. Untuk bisa mendapatkan kandidat terbaik, kamu perlu mengetahui cara-cara merekrut karyawan yang tepat. Berikut merupakan beberapa cara merekrut karyawan yang perlu kamu ketahui

1. Ketahui Kebutuhan Perusahaan

Cara merekrut karyawan yang pertama adalah dengan melakukan identifikasi kebutuhan perusahaan kamu. Kamu harus mengetahui divisi apa yang memerlukan tenaga tambahan untuk dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Selain melihat kondisi kerja, kamu juga perlu memperhatikan usia produktif karyawan. Jika dirasa sudah tidak terlalu produktif, kamu bisa menawarkan karyawan tersebut untuk pensiun dan menggantinya dengan karyawan baru. Kamu perlu melakukan hal tersebut demi kebaikan kedua belah pihak.

2. Buat Perencanaan Proses Perekrutan

Setelah mengidentifikasi kebutuhan perusahaan, cara merekrut karyawan yang selanjutnya adalah menyusun perencanaan proses perekrutan. Diskusikan proses tersebut bersama dengan tim rekrutmen dari HRD perusahaan kamu. Rencanakan secara detail setiap tahapnya, mulai dari publikasi lowongan, pembentukan tim wawancara, hingga proses administrasi.

Rencana tersebut akan menjadi patokan utama selama proses perekrutan berlangsung. Jadi, buatlah perencanaan tersebut sedetail mungkin agar bisa memperlancar proses perekrutan karyawan.

3. Buat Publikasi yang Menarik dan Beri Tenggat Waktu

Salah satu cara merekrut karyawan yang tidak boleh dilewatkan adalah membuat publikasi yang menarik. Publikasi merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh calon karyawan di perusahaan kamu. Dari sana, mereka bisa menilai tingkat profesionalitas dari suatu perusahan. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk membuat publikasi semenarik mungkin.

Sebar publikasi lowongan pekerjaan di perusahaanmu ke platform pencari kerja, media cetak, atau berpartisipasi langsung ke acara job fair maupun campus hiring. Selain itu, kamu juga perlu memberi tenggat waktu agar proses rekrutmen yang kamu lakukan memiliki kejelasan dan proses rekrutmen yang dilakukan semakin efisien.

Baca juga: 10 Cara Interview Karyawan Baru yang Perlu Dipahami HR

4. Cari Tahu Latar Belakang Calon Pekerja

Salah satu hal paling penting dalam cara merekrut karyawan adalah mengetahui latar belakang dari calon karyawan tersebut. Tak hanya untuk melakukan pengecekan tentang keterlibatan tindak kriminal saja, tapi pengecekan juga dilakukan untuk mengetahui kinerja, kemampuan, serta sifat dari calon karyawan tersebut.

Jika calon karyawan mencantumkan kontak referensi, maka jangan ragu untuk menghubungi kontak tersebut dan menanyakan tentang latar belakang calon karyawan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mengetahui sifat dan segala hal tentang calon karyawan. Pada umumnya, media sosial bisa mencerminkan sifat dari pemiliknya.

Tips Merekrut Karyawan

Setelah mengetahui beberapa cara merekrut karyawan di atas, kamu bisa lebih memaksimalkan cara-cara tersebut dengan melakukan beberapa tips merekrut karyawan berikut ini.

1. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu senjata utama yang bisa kamu gunakan untuk merekrut karyawan. Pilih satu media sosial yang dirasa cocok untuk perusahaanmu dan mulailah memposting konten-konten menarik serta edukatif. Selain bisa memberikan banyak manfaat, konten-konten tersebut juga bisa menjadi branding perusahaan sehingga bisa dikenal lebih luas lagi.

Di sela-sela konten tersebut, kamu bisa membuat postingan lowongan pekerjaan. Orang-orang yang sudah mengenal perusahaanmu berkat konten-konten yang diposting di media sosial tersebut pasti tidak akan meragukan lowongan pekerjaan yang kamu tawarkan. Dengan begitu, potensi kamu mendapatkan calon karyawan berkualitas bisa meningkat.

Baca juga: Contoh Format Offering Letter yang Baik dan Profesional

2. Terapkan Program Referral

Program referral merupakan salah satu strategi merekrut karyawan yang bisa kamu terapkan. Cara kerja program kerja ini sangat sederhana di mana karyawan yang ada di perusahaan kamu akan merekomendasikan beberapa orang yang menurut mereka memiliki kualifikasi serta kemampuan yang cocok untuk bekerja di perusahaan. 

Seperti yang sudah diketahui, kalangan profesional memiliki relasi yang luas sesuai dengan bidangnya.  Jadi, meminta rekomendasi dari mereka bukanlah hal yang buruk. Sebagai contoh, kamu bisa mendapat rekomendasi barista untuk kafe cabang terbarumu dari barista yang sedang bekerja di kafe utama. 

Namun perlu diingat, jangan sampai penerapan program ini berubah menjadi praktik nepotisme. Tetap lakukan seleksi yang sesuai terhadap rekomendasi yang diberikan kepadamu.

3. Buat Candidate Pool 

Candidat pool atau sering juga disebut sebagai talent pool merupakan suatu kumpulan data calon karyawan yang memiliki kemampuan paling menonjol diantara calon lainnya. Kumpulan data tersebut bisa menjadi referensi utama yang bisa dipilih oleh user untuk dapat bekerja di perusahaan.

Itulah beberapa informasi mengenai cara merekrut karyawan yang perlu kamu ketahui. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, proses perekrutan karyawan merupakan tahapan penting di mana hasilnya dapat memengaruhi masa depan perusahaan. Untuk dapat menemukan kandidat terbaik pada tahap rekrutmen, kamu bisa mengandalkan RecruitFirst.

RecruitFirst dapat membantu proses rekrutmen di perusahaan kamu, mulai dari proses tahapan wawancara, kesiapan tahap penawaran, hingga proses onboarding. So, tak perlu diragukan lagi, ayo temukan kandidat terbaik untuk perusahaanmu bersama dengan RecruitFirst.

Baca juga: Ketahui 9 Cara Membuat Job Description yang Menarik!

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.