Memahami Aspirasi Karir Karyawan dan Bagaimana Perusahaan dapat Berperan di Dalamnya

RecruitFirst
Pengembangan Organisasi
22 Nov 2023
Memahami Aspirasi Karir Karyawan dan Bagaimana Perusahaan dapat Berperan di Dalamnya

Setiap karyawan yang bekerja di perusahaan pasti menyimpan aspirasi karir dalam benaknya. Aspirasi karir adalah harapan atau tujuan karir yang menjadi penyemangat bagi karyawan dalam bekerja. Begitu pentingnya aspirasi karir bagi karyawan sehingga perusahaan harus turut serta dalam mendukungnya.

Sebenarnya, apa itu aspirasi karir? Bagaimana kamu bisa mendukung mereka dalam mencapai aspirasi karirnya? Nah, biar tidak bingung, simak penjelasannya di artikel ini!

Memahami Aspirasi Karir

Aspirasi karir adalah harapan, tujuan, atau impian yang terkait dengan perkembangan dan pencapaian seseorang dalam pekerjaannya. Aspirasi karir mencakup hal yang ingin dicapai oleh karyawan dalam pekerjaannya, seperti posisi yang lebih tinggi, tanggung jawab yang lebih besar, pengembangan keterampilan, atau pencapaian tujuan profesional tertentu.

Aspirasi karir mencerminkan ambisi dan harapan karyawan terkait dengan perjalanan karier dan bagaimana mereka ingin mengembangkan diri di lingkungan kerja. Aspirasi karir dapat bervariasi pada setiap karyawan dan sering kali dipengaruhi oleh nilai-nilai pribadi, minat, dan visi jangka panjang dalam dunia kerja.

Kenapa aspirasi karir merupakan hal yang berharga bagi karyawan? Pasalnya, aspirasi karir memberikan motivasi dan tujuan yang jelas dalam bekerja. Dengan mengetahui aspirasi karirnya, karyawan dapat mengembangkan keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan karirnya. Selain itu, aspirasi karir juga membantu karyawan untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka.

Manfaat Mendukung Aspirasi Karir Karyawan bagi Perusahaan

Bukan hanya karyawan yang mendapatkan keuntungan dari memiliki aspirasi karir. Perusahaan pun juga bisa merasakan manfaat dengan mendukung aspirasi karir karyawannya. Beberapa manfaat dari mendukung aspirasi karyawan yaitu:

1. Menarik Talenta Terbaik

Saat ini, banyak talenta dari generasi-Z yang mengutamakan pengembangan diri dalam karirnya. Mereka mempertimbangkan pengembangan dan pelatihan ketika menerima pekerjaan baru. Tentu saja, mereka menginginkan gaji dan tunjangan yang kompetitif, lingkungan kerja yang tidak toksik, serta work-life balance. Namun, mereka juga melihat pertumbuhan pelatihan sebagai salah satu kebutuhan dalam memilih tempat kerja.

2. Retensi Karyawan Meningkat

Retensi karyawan merupakan masalah terbesar yang dihadapi oleh banyak bisnis. Salah satu alasan karyawan resign adalah tidak adanya dukungan untuk meningkatkan aspirasi karir serta fasilitas pelatihan dan pengembangan. Mendukung aspirasi karyawan membuat angka retensi di perusahaan kamu makin meningkat. Karyawan bisa merasakan kepuasan kerja dan mereka tertarik untuk bertahan serta mengembangkan karirnya di perusahaan kamu.

3. Motivasi yang Meningkat

Banyak karyawan yang motivasinya menurun karena mereka tidak mendapatkan kesempatan untuk bertumbuh dan mengejar aspirasi karir yang didambakan. Padahal, dukungan perusahaan terhadap aspirasi karir karyawan berpengaruh terhadap motivasi yang mereka miliki. Ketika karyawan mendapatkan dukungan untuk mencapai tujuan karir yang ditetapkan, mereka memiliki minat dan motivasi yang tinggi sehingga lebih bersemangat dalam bekerja.

4. Produktivitas yang Meningkat

Karyawan yang memiliki aspirasi karir yang jelas seringkali memiliki jalur karir yang jelas untuk diikuti. Ketika karyawan diberikan pelatihan dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan karir yang ditetapkan, mereka tahu langkah yang harus dilakukan dan cara meningkatkan produktivitas kerjanya. Tentunya produktivitas karyawan meningkat dan berpengaruh pada pertumbuhan perusahaan. Dengan menawarkan kesempatan pengembangan karir kepada karyawan, mereka menciptakan nilai dan manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan.

5. Profitabilitas yang Meningkat

Pada akhirnya, dukungan terhadap aspirasi karyawan kerap berujung pada peningkatan keuntungan atau profitabilitas bagi perusahaan. Peluang pengembangan karir membantu karyawan lebih terlibat dalam pekerjaan. Keterlibatan yang meningkat ini juga membantu perusahaan bekerja menuju misi dan tujuannya. Alhasil, perusahaan pun bisa mendapatkan profit yang lebih besar karena karyawan di dalamnya berperan aktif dalam memajukan perusahaan.

Langkah yang Bisa Kamu Lakukan dalam Membantu Karyawan Mencapai Aspirasi Karir

Melihat penjelasan di atas, tentunya kamu sepakat kalau mendukung aspirasi karir karyawan membawa manfaat tersendiri bagi perusahaan. Lantas, bagaimana cara membantu karyawan dalam mencapai aspirasi karir mereka? Lakukan saja tiga langkah di bawah ini.

1. Menyediakan Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Pelatihan dan pengembangan karir diperlukan supaya karyawan bisa mengejar aspirasi karir mereka. Melalui program ini, karyawan dapat meningkatkan keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan karir yang diinginkan. Ada pun pelatihan dan pengembangan yang bisa kamu sediakan adalah pelatihan teknis, pelatihan manajemen, dan pelatihan soft skill. Selain itu, kamu juga dapat memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengikuti seminar dan konferensi yang berkaitan dengan bidang kerja mereka.

2. Memberikan Karyawan Kesempatan untuk Berkembang

Selain pelatihan dan pengembangan, kamu juga bisa memberikan kesempatan bagi karyawan untuk berkembang. Kesempatan tersebut dapat berupa promosi, rotasi pekerjaan, atau proyek khusus yang dapat meningkatkan pengalaman dan keterampilan karyawan. Tidak hanya membantu mencapai aspirasi karir, kesempatan berkembang juga mencegah karyawan merasa bosan dan stuck dalam pekerjaannya. Mereka pun lebih termotivasi dan produktif dalam bekerja dengan kesempatan berkembang yang bisa diperoleh di lingkungan kerjanya.

3. Membuat Rencana Karir Bersama Karyawan

Terakhir, kamu bisa mendampingi karyawan dalam membuat rencana karir mereka. Keikutsertaan kamu dalam membuat rencana karir bisa membantu karyawan dalam mengidentifikasi tujuan karir dan mengembangkan strategi untuk mencapainya. Selain itu, kamu juga bisa memastikan kalau  tujuan karir karyawan sejalan dengan tujuan perusahaan. Rencana karir juga membantu kamu dalam mengembangkan program pelatihan dan pengembangan yang tepat untuk mereka.

Dalam membuat rencana karir, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan bersama karyawan. Pertama, mulailah dengan mengidentifikasi apa yang menjadi tujuan karir karyawan. Setelah itu, kamu bisa mengecek kemampuan dan pengalaman yang dia miliki. Nah, yang terakhir, kamu membuat strategi bersama buat mencapai tujuan karir tersebut. Dengan begitu, kamu bisa pastikan kalau rencana karir karyawan sesuai dengan apa yang bisa mereka capai dan bagaimana caranya bisa sukses bersama-sama.

Bagaimana? Sekarang kamu sudah memahami pentingnya aspirasi karir bagi karyawan, bukan? Intinya, aspirasi karir adalah harapan yang ingin dicapai oleh karyawan dalam kehidupan pekerjaan mereka. Tentunya kamu sebagai perusahaan perlu mendukung aspirasi karir karyawanmu dengan mengikuti langkah yang sudah dibagikan di atas.

Pengembangan karyawan tidak hanya mencakup dukungan terhadap aspirasi karir, tapi juga penilaian kinerja mereka. Nah, agar manajemen penilaian kinerja lebih efektif, gunakan saja aplikasi HRIS dari RecruitFirst. Aplikasi ini mempunyai fitur penilaian kinerja dengan formulir yang bisa kamu atur sendiri dan juga mencakup 360 degree feedback. Yuk, hubungi kami untuk mendapatkan informasi lengkapnya!

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.