11 Cara Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Bagi Bisnis

Recruit First
Pengembangan Organisasi
22 Apr 2023
11 Cara Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Bagi Bisnis

Kemajuan perusahaan tidak hanya diukur dari besarnya pendapatan atau produk yang berhasil mereka jual. Sumber Daya Manusia (SDM) justru memainkan peran besar terhadap kesuksesan perusahaan di tengah persaingan pasar. Merekalah yang bekerja keras di bidang operasional maupun non-operasional bisnis. Kamu perlu mengetahui cara meningkatkan kualitas SDM yang efektif supaya perusahaan kamu makin berjaya.

Pengembangan kualitas SDM mungkin terdengar mustahil bagi kamu karena karyawan di perusahaan berasal dari latar belakang yang berbeda? Lantas, bagaimana cara mengembangkan kualitas SDM yang efektif agar karyawan tetap termotivasi dalam bekerja? Simak artikel ini untuk menemukan jawabannya!

Cara Meningkatkan Kualitas SDM di Perusahaan Kamu

Ada banyak strategi yang kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas SDM perusahaan. Apa saja? Cobalah menerapkan langkah peningkatan kualitas SDM di bawah ini.

1. Berikan Pelatihan yang Relevan

Karyawan mana pun pasti menginginkan kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya. Pengembangan kemampuan melalui pelatihan atau kursus tidak hanya berguna untuk perusahaan, tetapi kemajuan karier mereka sendiri. Kamu bisa mengadakan pelatihan di kantor, mengirimkan mereka untuk mengikuti kursus, atau menyediakan tunjangan berupa biaya ujian sertifikasi sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan SDM perusahaan.

Kalau kamu membutuhkan lebih banyak strategi pengembangan SDM, kamu bisa mencari inspirasi di artikel berikut ini: 5 Strategi Pengembangan SDM yang Penting Dipahami

2. Cobalah Mendelegasikan Tugas sebagai Bentuk Kepercayaan

Selain mengadakan pelatihan, kamu bisa menganjurkan setiap atasan untuk mendelegasikan tugas atau pekerjaannya kepada bawahannya. Karyawan akan belajar secara langsung ketika dia diberikan kepercayaan untuk menyelesaikan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh sang atasan. Mulailah dengan memberikan tugas yang ringan, kemudian atasan bisa meningkatkan tingkat kesulitan tugasnya supaya karyawan tidak stres saat mengerjakannya.

3. Ajar Karyawan agar Melek Teknologi

Teknologi sudah tidak bisa dipisahkan dari kegiatan operasional perusahaan. Seluruh karyawan harus memanfaatkan teknologi dengan optimal untuk meningkatkan pekerjaannya, tidak peduli usia mereka. Jangan biarkan SDM perusahaan kalah terhadap kecanggihan teknologi, sebaliknya kamu harus memberdayakan mereka melalui kegiatan pelatihan atau penerapan teknologi dalam setiap lini pekerjaan.

4. Berikan Feedback atas Pekerjaan Karyawan

Evaluasi kinerja karyawan yang dilakukan setiap tahun atau per semester saja tidak cukup untuk meningkatkan SDM perusahaan. Setiap atasan justru harus memberikan feedback atau masukan yang membangun terhadap setiap pekerjaan yang dilakukan oleh karyawannya. Adakan kegiatan evaluasi kinerja setiap dua minggu untuk membahas perkembangan performa karyawan sekaligus memberikan saran kepada karyawan untuk meningkatkannya.

5. Terapkan Sistem Perekrutan yang Ketat

Program peningkatan SDM tidak hanya berlaku untuk karyawan yang sudah ada, tetapi juga ketika merekrut karyawan baru. Langkah ini bisa dilakukan dengan menggali kandidat lebih dalam selama proses wawancara dan tes kompetensi. Pastikan kandidat yang kamu rekrut benar-benar memiliki keahlian yang sesuai dan ditunjukkan dalam CV mereka. Selain itu, kamu juga bisa menanyakan pertanyaan yang kritis dan komprehensif untuk mengetahui kecocokan antara kepribadian karyawan dan budaya perusahaan.

Kalau kamu membutuhkan panduan perencanaan SDM yang tepat guna, kamu bisa membaca artikel berikut ini: Panduan Lengkap Perencanaan SDM untuk Merealisasikan Visi Perusahaan

6. Dorong Karyawan untuk Melanjutkan Pendidikan Formal

Cobalah mengecek kualifikasi pendidikan karyawan yang bekerja di perusahaan kamu. Berikan dukungan kepada karyawan yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi atau menyelesaikan kuliah yang sempat ditinggalkannya. Pendidikan yang tinggi tidak hanya berguna supaya karyawan memperoleh pengetahuan yang mumpuni. Karyawan juga mampu berpikir kritis dan analitis dalam menyelesaikan setiap pekerjaannya.

7. Berikan Kenaikan Gaji secara Berkala

Kenaikan gaji merupakan salah satu cara memotivasi karyawan yang efektif. Berikan kenaikan gaji setiap tahunnya untuk karyawan yang tekun, produktif, dan berhasil meningkatkan performanya agar lebih baik dalam bekerja. Mereka pasti akan bersemangat dan mau melakukan pencapaian yang lebih besar. Jangan lupa untuk mengikuti peraturan yang berlaku tentang upah minimum supaya kebutuhan karyawan tetap terpenuhi dengan baik.

Cara menghitung kenaikan gaji karyawan dengan baik dapat kamu temukan di artikel berikut ini: Pelajari Cara Menghitung Kenaikan Gaji Karyawan dengan Mudah

8. Motivasi Karyawan dengan Program yang Menarik

Ada pula karyawan yang merasa bahwa gaji bukanlah satu-satunya hal yang memotivasi mereka. Mereka bisa juga termotivasi melalui beberapa program yang menarik dan bermanfaat. Contohnya, memberikan bonus ketika pekerjaan mereka berhasil melampaui target yang tinggi, memberikan hari libur pada tanggal ulang tahun tanpa harus memotong jatah cuti tahunan, mengurangi load pekerjaan di hari Jumat atau Sabtu, dan berbagai ide menarik lainnya. Kamu juga bisa mengadakan program engagement karyawan berupa kegiatan outing setiap tahunnya.

9. Sediakan Fasilitas yang Lengkap untuk Karyawan

Karyawan tentu membutuhkan fasilitas yang lengkap dan nyaman supaya lebih maksimal saat bekerja. Fasilitas tersebut tentu di luar inventaris atau peralatan kerja yang sering mereka gunakan. Lengkapi area kerja dengan fasilitas penunjang seperti AC, kamar mandi atau wastafel, musala, dan sebagainya. Apabila mempunyai gedung perkantoran sendiri, kamu dapat membangun ruang laktasi untuk ibu menyusui supaya mereka tetap mampu bekerja dengan produktif.

10. Tanamkan Integritas dalam Diri Karyawan

Peningkatan SDM perusahaan tidaklah terbatas pada keterampilannya. Mereka juga harus memiliki karakter yang berbudi luhur untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Salah satu karakter yang wajib dimiliki karyawan adalah integritas. Karakter ini bisa dikembangkan dengan menerapkan sistem absen berbasis elektronik seperti fitur KNOCK KNOCK – Absensi dari RecruitFirst. Fitur ini akan menghilangkan budaya ‘titip absen’ karena karyawan harus mengisi kehadiran diri sendiri melalui smartphone yang digunakan.

11. Berikan Penghargaan kepada Karyawan Berprestasi

Terakhir, kamu bisa memberikan penghargaan untuk karyawan berprestasi dan mampu memberikan performa terbaiknya selama bekerja. Kualitas SDM justru meningkat karena langkah ini bisa meningkatkan motivasi dan semangat kerja mereka. Bentuk penghargaannya bisa berupa pemberian voucher yang menarik dan tentunya menunjang pekerjaan atau gaya hidup karyawan.

Pertanyaan Umum tentang Pelatihan dan Pengembangan SDM

Pelatihan dan pengembangan SDM merupakan cara efektif untuk meningkatkan kualitas SDM perusahaan. Apalagi generasi milenial masa kini lebih menyukai pengalaman baru melalui kegiatan pelatihan. Kamu bisa menggunakan cara ini untuk meningkatkan kualitas SDM, tetapi masih bingung mengenai implementasinya. Cobalah melihat beberapa pertanyaan terkait employee training and development di bawah ini.

1. Bagaimana memotivasi karyawan untuk terus belajar dan berkembang?

Cobalah melakukan langkah berikut ini untuk memotivasi karyawan agar mereka mau belajar dan mengembangkan kariernya:

  • Ciptakan lingkungan kerja yang positif dan saling mendukung
  • Buat rencana pengembangan karier bersama karyawan
  • Berikan penghargaan atas antusiasme karyawan
  • Ajak karyawan untuk saling bekerja sama
  • Adakan program mentoring
  • Berikan opsi pembelajaran jarak jauh atau e-learning

2. Bagaimana cara mengukur efektivitas program pelatihan dan pengembangan karyawan?

Kamu bisa menguji efektivitas program pelatihan dan pengembangan dengan mengadakan kuis atau tes setelah pelatihan, diskusi one-on-one, mengadakan survei karyawan, memberikan studi kasus, atau mengikutsertakan mereka ke ujian sertifikasi. Untuk hasil yang lebih akurat, gunakan Model Evaluasi Kirkpatrick yang terdiri dari empat tahap, yaitu reaksi, pembelajaran, perilaku, dan hasil.

Selain pelatihan dan pengembangan, penggunaan teknologi juga termasuk cara meningkatkan SDM perusahaan yang tidak boleh dilewatkan. Langkah ini bisa dimulai dengan menggunakan layanan RecruitFirst untuk tim HR perusahaan. Fitur yang tersedia di dalamnya sangat lengkap, mulai dari ELLA yang berguna untuk mengirimkan surat perjanjian kerja ke kandidat secara elektronik sampai eINVOICE untuk pengelolaan softcopy faktur pembayaran kepada bisnis yang sedang bekerja sama. Hubungi kami segera untuk informasi lebih lanjut tentang layanan unggulan para HRD perusahaan ini!

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.