Human Resource Manager: Tugas, Fungsi, dan Keterampilan

Recruit First
Pengembangan Organisasi
21 Jun 2023
Human Resource Manager: Tugas, Fungsi, dan Keterampilan

Hampir di setiap industri membutuhkan human resource manager yang cakap dalam melakukan semua tugas-tugasnya. Menariknya human resource management merupakan salah satu posisi yang mencakup segala jenis industri, karena perannya yang sangat penting bagi kemajuan perusahaan.

Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS) memprediksi pekerjaan ini akan mengalami pertumbuhan sebanyak 7% dari tahun 2021 sampai 2031. Selain itu, dilansir dari Jobstreet, gaji tahunan rata-rata untuk seorang HR manager di Indonesia pada tahun 2024 mencapai Rp 13.750.000 hingga Rp 16.750.000.

Sungguh menarik bukan? Apa kamu juga berminat untuk bekerja di bidang human resource atau memiliki pengalaman dan ingin melamar sebagai seorang manager? Artikel ini menjelaskan bagaimana peran dan tugas human resource manager secara lebih luas. Simak di sini.

Siapa itu Human Resource Manager?

Human resource manager atau manajer HR adalah orang yang memiliki peran serta tanggung jawab dalam mengawasi fungsi administrasi agar berjalan dengan benar, serta mengelola  semua aspek yang berkaitan dengan karyawan di sebuah perusahaan.

Manajer HR merupakan seorang profesional, berpengalaman, berkompeten, serta terlatih dalam menjalankan tugasnya untuk memimpin maupun mengarahkan semua fungsi rutin dari human resources departement (HRD) atau divisi Sumber Daya Manusia (SDM).

Secara garis besar, seorang HR manager memiliki peran penting untuk memberikan dukungan serta bimbingan kepada staf dan manajemen mengenai hal hal yang terkait sumber daya manusia di perusahaan.

Baca Juga: 5 Strategi Pengembangan SDM yang Penting Dipahami

Tugas HR Manager dalam Perusahaan

Secara umum, tugas dari seorang HR manager adalah mencari dan mengelola karyawan. Tugas pencarian karyawan ini meliputi menyelenggarakan seleksi atau rekrutmen tenaga kerja dan mewawancara calon karyawan, serta menjalin kemitraan dengan tim kepemimpinan untuk memahami serta melaksanakan strategi sumber daya manusia dengan tujuan perencanaan suksesi, perekrutan, maupun retensi.

Lalu, untuk tugas mengelola karyawan memiliki banyak komponen seperti, merencanakan program pengembangan karyawan (seperti pelatihan atau mentorship), mengelola gaji, tunjangan, dan insentif, menjaga hubungan antar karyawan, dan masih banyak lagi.

Selain mencari dan mengelola karyawan, HR manager memiliki tugas untuk melakukan perencanaan, termasuk mengatur, maupun memantau tindakan dan aktivitas rutin di departemen human resource. Mereka juga melakukan pengembangan dan mengelola sumber daya manusia di perusahaan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Perencanaan SDM untuk Merealisasikan Visi Perusahaan

Fungsi HR Manager dalam Operasional Perusahaan

Berada di posisi sebagai human resource manager mengharuskan dirinya untuk mengambil fungsi utama yang memiliki dua peran yakni fungsi manager dan fungsi umum.

Fungsi Manager

Fungsi sebagai manager merupakan peran yang lebih spesifik terkait tindakan dan keputusan yang diambil.

1. Perencanaan

Perencanaan tentu berkaitan dengan hal-hal penting yang mengarah kepada keberhasilan perusahaan. Dapat dikategorikan menjadi perencanaan sumber daya manusia, perencanaan improvement, employee retention, maupun terlibat dalam perencanaan kode etik dalam perusahaan.

2. Pengorganisasian

Perencanaan perlu diimbangi dengan keterampilan seseorang yang berperan untuk mengoordinasikan implementasi perihal rencana tersebut dengan benar. Departemen khusus untuk tugas ini harus diadakan agar semua perencanaan didistribusikan dengan tepat.

3. Kepegawaian

Berkaitan dengan perencanaan, menjalankan fungsi kepegawaian artinya berhubungan dengan pelatihan serta pengembangan keterampilan sumber daya manusia di perusahaan. Kepegawaian juga erat kaitannya dengan sistem penggajian dan tunjangan. Manager menjalankan fungsi ini untuk meningkatkan kepuasan karyawan serta memberi posisi yang sesuai kemampuan mereka.

4. Mengarahkan

Fungsi ini merujuk kepada kemampuan kepemimpinan yang kuat. Membangun komunikasi yang terbuka dan mengarahkan dengan komunikasi yang jelas. Tujuannya, agar mereka yang diarahkan menjalankan tugas dengan benar serta sesuai instruksi.

5. Mengontrol

Human resource manager harus cakap dalam melakukan pengontrolan terhadap setiap tindakan dan aktivitas rutin sumber daya manusia di perusahaan. Kemampuan ini diterapkan dalam melakukan penilaian terukur, serta mengevaluasi kualitas kinerja karyawan.

Baca Juga: 8 Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan

Fungsi Umum

Ada beberapa fungsi umum yang menjadi poros tanggung jawab yang lebih luas dan mengarah terhadap hal-hal publik di dalam perusahaan. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Perekrutan

Fungsi umum yang pertama berkaitan dengan perekrutan karyawan. Manager akan menganalisis kualifikasi seseorang dengan kebutuhan suatu jenis pekerjaan di perusahaan. Tujuannya, agar latar belakang calon pekerja sesuai dengan yang dicari. Urusan publik lainnya seperti memperkenalkan karyawan baru kepada semua staf, dan sosialisasi visi misi perusahaan.

2. Pengembangan

Fungsi ini bertujuan untuk mendorong sumber daya manusia untuk lebih banyak terlibat dan berkembang. Langkah pengembangan misalnya, mempromosikan karyawan untuk menempati level pekerjaan yang lebih tinggi sesuai kompetensinya.

Baca Juga: Organizational Development dan Jenis serta Prosesnya

3. Remunerasi

Remunerasi yang diberikan atau diperoleh karyawan tentu berdasarkan penilaian kualitas kinerjanya. Melalui sejumlah sistem penilaian yang terukur dan umpan balik yang terarah. Penilaian dan evaluasi kinerja merupakan fungsi dari departemen human resource.

4. Memotivasi

Setiap karyawan memiliki karakteristik yang unik, sehingga di dalam sebuah perusahaan perlu menerapkan budaya kerja yang inklusif. Singkatnya, semua karyawan diperlakukan sama. Oleh sebab itu, memotivasi setiap karyawan untuk saling menghormati merupakan fungsi lain dari human resource.

5. Integritas dan Responsibilitas

Sangat penting memiliki dua karakter ini dalam diri human resource manager. Hal itu karena cakupan tanggung jawab yang luas dalam urusan internal departemen dan urusan publik di dalam perusahaan. Selalu mengedepankan kejujuran, keterbukaan, serta menyamaratakan semua orang agar objektif dalam menilai dan tanpa keberpihakan.

Baca Juga: Mengenal 6 Jenis-jenis Kompensasi untuk Memotivasi Karyawan

Kemampuan apa saja yang dibutuhkan seorang HR manager?

Seperti yang telah kamu lihat, seorang HR manager memiliki tugas yang besar dan kompleks. Oleh karena itu, seorang HR manager yang baik setidaknya harus memiliki kemampuan sebagai berikut:

1. Kemampuan berkomunikasi

Seorang HR memiliki peran untuk mengkomunikasikan kebijakan perusahaan kepada karyawan. Oleh karena itu, seorang HR sudah seharusnya memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Kemampuan komunikasi yang dimaksud adalah kemampuan untuk mendengar dengan baik dan menyampaikan jawaban dengan terstruktur serta jelas sehingga dapat meminimalisir miskomunikasi antar pihak yang terlibat.

2. Decision making

Sebagai seorang manajer, tentu HR manager akan mengambil banyak keputusan setiap harinya, mulai dari mengambil keputusan terkait masukan dari karyawan, memutuskan apakah seorang calon karyawan bisa lanjut ke tahap wawancara berikutnya, hingga mengambil keputusan tentang pengembangan karir karyawan di dalam perusahaan.

Dalam mengambil keputusan juga, seorang HR manager juga harus selalu berpikir tentang kebutuhan perusahaan untuk mencapai tujuan besarnya.

3. Kemampuan untuk melatih dan mengembangkan karyawan

Seorang HR manager tidak hanya bertanggung jawab untuk pengembangan karyawan di dalam departemennya saja namun juga seluruh karyawan perusahaan. Oleh karena itu, HR manager yang baik harus dapat melakukan evaluasi karyawan secara baik dan memutuskan, tentunya dengan dibantu manajer dari departemen terkait, untuk memutuskan tindakan pelatihan atau pengembangan karyawan apa yang dibutuhkan untuk menaikkan kinerja karyawan dan nilai perusahaan secara bersamaan.

Baca Juga: 10 Langkah Membangun Komunikasi yang Baik di Tempat Kerja

Kesimpulan

Berperan sebagai human resource manager tidaklah mudah, hal ini karena kamu harus mampu mengelola, memastikan, dan mengarahkan baik internal departemen maupun urusan publik dalam lingkup perusahaan.

Menjalankan sistem perusahaan yang baik melalui perencanaan terstruktur akan memberi dampak yang besar serta positif bagi perusahaan dan terhadap pertumbuhan bisnis. Karakteristik kepemimpinan yang kuat, serta memiliki integritas dan responsibilitas yang tinggi akan membantu seorang human resource manager menjalankan setiap perencanaan dengan baik.

Itulah penjelasan tentang human resource manager beserta tugas dan fungsinya. Pengalaman dan pemahaman yang memadai akan membantu dalam menjalankan peran tersebut. Jika kamu tertarik untuk berkarir di bidang tersebut, kunjungi RecruitFirst dan temukan pekerjaan impianmu sekarang juga. 

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.