Faktor yang Mempengaruhi Perencanaan SDM pada Perusahaan

RecruitFirst
Learning from Recruiter
24 May 2024
Faktor yang Mempengaruhi Perencanaan SDM pada Perusahaan

Perencanaan atau planning merupakan fungsi yang tidak terpisahkan dalam manajemen. Dalam perusahaan, manajemen perlu menerapkan perencanaan SDM yang matang agar pengelolaan karyawan menjadi lebih efisien. Nah, apa saja faktor yang mempengaruhi perencanaan SDM dalam perusahaan?

Menariknya, faktor yang mempengaruhi perencanaan SDM ini tidak berasal dari kondisi internal perusahaan kamu. Keputusan dalam perencanaan SDM justru dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal yang tidak bisa diabaikan, seperti kondisi politik, perekonomian negara, bahkan regulasi perundang-undangan yang berlaku.

Mungkin kamu merasa kalau faktor eksternal yang memengaruhi perencanaan SDM terasa sulit untuk diatasi. Jangan khawatir, RecruitFirst akan menjelaskan tentang strategi menghadapi tantangan di setiap faktornya dalam artikel ini. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Perencanaan Sumber Daya Manusia

Perencanaan SDM adalah langkah krusial yang melibatkan pengenalan, penilaian, dan pengaturan karyawan dalam sebuah organisasi yang dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi.

Dalam mencapai tujuan organisasi, kamu perlu melakukan perencanaan, seperti mengenali kebutuhan SDM, menilai kinerja karyawan, merancang program untuk memenuhi kebutuhan SDM, dan membuat keputusan bijak yang dapat mengontrol biaya dalam implementasinya.

Perencanaan SDM juga membantu dalam menentukan pelatihan karyawan, mencari cara untuk mengoptimalkan tim agar bekerja lebih efisien, serta menggunakan sumber daya di perusahaan dengan lebih maksimal, dan mengatasi masalah yang muncul dalam tim.

Dapat disimpulkan bahwa perencanaan SDM adalah strategi yang membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan. Untuk mencapai hal ini, perusahaan perlu mempertimbangkan berbagai faktor yang mempengaruhi perencanaan SDM agar dapat mengambil langkah-langkah yang sesuai.

Baca juga: 11 Cara Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Bagi Bisnis

Faktor yang Mempengaruhi Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM)

Sekilas dijelaskan bahwa faktor yang memengaruhi perencanaan SDM lebih banyak berupa faktor eksternal perusahaan. Lantas, apa saja faktor yang memengaruhi perencanaan SDM tersebut? Berikut ini faktor yang mempengaruhi perencanaan SDM serta strategi untuk menghadapi tantangannya.

1. Peraturan Pemerintah

Faktor utama yang mempengaruhi perencanaan SDM yaitu peraturan pemerintah yang berlaku terkait tenaga kerja dan sumber daya manusia. Misalnya, pada tahun 2023, perencanaan SDM harus mengikuti Undang-Undang Cipta Kerja mengenai peraturan upah minimum dan juga ketentuan jam kerja.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi tantangan ini adalah memahami regulasi ketenagakerjaan yang sedang berlaku. Setiap ada peraturan baru mengenai ketenagakerjaan, kamu harus tetap update dengan regulasi tersebut.

2. Kondisi Ekonomi

Faktor yang kedua adalah kondisi ekonomi makro. Perubahan kondisi ekonomi negara dapat mempengaruhi kebutuhan SDM dalam jangka panjang, seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan fluktuasi nilai tukar mata uang.

Bagaimana cara menghadapi tantangannya? Kamu harus rutin melakukan analisis beban kerja dan juga analisis kebutuhan tenaga kerja. Dengan cara ini, kamu bisa lebih cepat menyesuaikan kebutuhan SDM sesuai dengan perubahan kondisi ekonomi. Langkah ini juga akan membantu kamu dalam menjaga efisiensi serta mengelola tim.

Baca juga: Mengenal Peran SDM dalam Perusahaan yang Sangat Penting

3. Demografi Tenaga Kerja

Demografi tenaga kerja menjadi faktor yang mempengaruhi dalam perencanaan SDM di perusahaan, seperti peningkatan jumlah lulusan perguruan tinggi atau penurunan tingkat kelahiran. Hal ini melibatkan perubahan dalam karakteristik tenaga kerja, seperti usia, jenis kelamin, dan latar belakang pendidikan.

Cara mengatasi tantangan dari perubahan demografi tenaga kerja, yaitu dengan tetap waspada dan selalu melakukan analisis kebutuhan tenaga kerja. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan semangat dan kinerja karyawan dengan memberikan peluang pengembangan karir dan program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. Tren dan Isu Sosial

Yang keempat adalah tren dan isu sosial. Perubahan dalam perilaku dan preferensi masyarakat nyatanya dapat memengaruhi kebutuhan sumber daya manusia di masa depan. Misalnya, meningkatnya kesadaran lingkungan atau kebutuhan akan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Untuk menghadapi tantangan ini, kamu harus tetap update dengan perkembangan tren dan isu sosial yang relevan dengan bisnis. Kamu juga bisa terapkan praktik-praktik terbaik dalam manajemen SDM yang sesuai dengan tren dan isu sosial yang tengah berkembang. Dengan begitu, kamu bisa tetap relevan dengan perubahan dalam kebutuhan dan preferensi tim dan masyarakat.

5. Kondisi Politik

Faktor selanjutnya yaitu kondisi politik yang mencakup stabilitas dan kebijakan pemerintah. Contohnya, adanya perubahan dalam kebijakan tenaga kerja, terutama ketika kamu memutuskan untuk merekrut tenaga kerja asing.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menghadapi tantangan ini? Kamu harus jeli dalam memantau perkembangan kondisi politik yang berhubungan erat dengan perusahaanmu. Selain itu, kamu juga harus memiliki rencana cadangan untuk mengatasi perubahan dalam kebijakan pemerintah yang bisa mempengaruhi perencanaan SDM.

6. Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi perencanaan SDM. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau otomatisasi proses produksi adalah contoh perkembangan teknologi yang perlu diperhatikan agar tidak kalah saing dengan kompetitor.

Dalam menghadapi tantangan ini, kamu harus terus update perkembangan teknologi di sekitar industri bisnismu. Selain itu, kamu juga perlu mengadakan pelatihan dan pengembangan keterampilan teknologi yang sesuai kepada karyawan. Dengan begitu, kamu bisa tetap bersaing dalam dunia bisnis yang terus berubah dan memanfaatkan teknologi untuk keuntungan perusahaan kamu.

Baca juga: Apa itu Pemberdayaan SDM dan Bagaimana Perusahaan dapat Melakukannya

Bersama RecruitFirst Jadi Lebih Mudah

Itulah 6 faktor yang mempengaruhi perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak boleh kamu abaikan. Keenam faktor di atas merupakan faktor eksternal yang berada di luar kendali. Namun, kamu bisa menghadapi tantangannya dengan mengikuti tips yang telah dibagikan di atas.

Perencanaan SDM berkaitan dengan pengadaan tenaga kerja di perusahaan kamu. Masalahnya, proses menemukan talenta yang cocok untuk bisnismu tidaklah mudah dan memakan sumber daya yang cukup signifikan. 

Solusinya, kamu bisa bekerja sama dengan RecruitFirst melalui layanan outsourcing yang kami sediakan. Kamu mendapatkan paket lengkap rekrutmen yang terdiri dari proses wawancara, penandatanganan kontrak kerja, hingga proses onboarding.

Yuk, klik di sini dan ceritakan mengenai kebutuhan tenaga kerja bisnismu. Dapatkan talenta yang ideal untuk bisnis kamu hanya dengan layanan alihdaya dari RecruitFirst!

Debby Lim

Author

Debby Lim

As the business leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings over 13 years of industry experience to the team. With a wealth of knowledge across various industries, Debby excels at handling diverse roles and delivering exceptional results.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *