Faktor yang Memengaruhi Perencanaan SDM pada Perusahaan

RecruitFirst
Strategi Rekrutmen
23 Oct 2023
Faktor yang Memengaruhi Perencanaan SDM pada Perusahaan

Perencanaan atau planning memang merupakan fungsi yang tidak terpisahkan dalam manajemen. Bahkan menurut beberapa pakar manajemen, perencanaan merupakan fungsi pertama yang harus diutamakan sebelum melaksanakan fungsi lainnya. Begitu pula dengan Sumber Daya Manusia (SDM), kamu perlu melakukan perencanaan yang matang supaya pengelolaan karyawan menjadi lebih efisien. Nah, kamu harus tahu sejumlah faktor yang mempengaruhi perencanaan Sumber Daya Manusia dalam menjalankan fungsi pertama ini.

Menariknya, faktor pemengaruh perencanaan SDM ini tidak berasal dari kondisi internal perusahaan kamu. Keputusan dalam perencanaan SDM justru dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal yang tidak bisa diabaikan, seperti kondisi politik, perekonomian negara, bahkan regulasi perundang-undangan yang berlaku.

Mungkin kamu merasa kalau faktor eksternal yang memengaruhi perencanaan SDM terasa sulit untuk diatasi. Jangan khawatir, RecruitFirst juga akan menjelaskan tentang strategi menghadapi tantangan di setiap faktornya dalam artikel ini. Yuk, simak selengkapnya biar kamu lebih matang dalam merencanakan SDM di perusahaan!

Pengertian Perencanaan Sumber Daya Manusia

Alangkah baiknya kamu memahami dulu pengertian perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) sebelum membahas faktornya. Perencanaan SDM adalah langkah krusial yang melibatkan pengenalan, penilaian, dan pengaturan karyawan dalam sebuah organisasi.

Perencanaan SDM dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi. Nah, dalam mencapai tujuan tersebut, kamu perlu melakukan beberapa langkah perencanaan yang terdiri dari mengenali kebutuhan SDM, menilai kinerja karyawan yang bekerja di dalamnya, merancang program untuk memenuhi kebutuhan SDM, dan membuat keputusan bijak yang dapat mengontrol biaya dalam implementasinya.

Perencanaan SDM juga membantu kamu dalam menentukan perlunya pelatihan tambahan, mencari cara untuk mengoptimalkan tim agar bekerja lebih efisien, serta menggunakan sumber daya di perusahaan dengan lebih maksimal supaya produktivitas karyawan meningkat. Selain itu, perencanaan SDM dapat mengatasi masalah yang muncul dalam tim kamu.

Jadi, bisa disimpulkan  bahwa perencanaan SDM adalah strategi yang membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan. Untuk mencapai hal ini, perusahaan perlu mempertimbangkan berbagai faktor yang mempengaruhi perencanaan SDM dan mengambil langkah-langkah yang sesuai agar tim SDM mereka bisa berjalan dengan baik.

Berbagai Faktor yang Memengaruhi Perencanaan Sumber Daya Manusia

Sekilas dijelaskan bahwa faktor yang memengaruhi perencanaan SDM lebih banyak berupa faktor eksternal perusahaan. Lantas, apa saja faktor yang memengaruhi perencanaan SDM tersebut? Yuk, kita ulas satu per satu mengenai enam faktor dalam perencanaan SDM serta strategi untuk menghadapi tantangan dalam setiap faktornya.

1. Peraturan Pemerintah

Inilah yang menjadi faktor utama yang memengaruhi perencanaan SDM. Bagaimana tidak, setiap keputusan perencanaan yang kamu buat hendaknya mengacu pada peraturan pemerintah yang berlaku terkait tenaga kerja dan sumber daya manusia. Misalnya, pada tahun 2023 ini, perencanaan SDM kamu harus mengikuti Undang-Undang Cipta Kerja, peraturan soal upah minimum, dan juga ketentuan jam kerja yang harus diperhatikan.

Satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi tantangan ini adalah memahami regulasi ketenagakerjaan yang sedang berlaku. Setiap kali ada peraturan baru mengenai ketenagakerjaan, kamu harus tetap ter-update dengan regulasi tersebut. Kalau perlu, kamu bisa juga mengikut pelatihan atau seminar yang membahas peraturan pemerintah supaya makin paham dan terampil dalam mengelola SDM.

2. Kondisi Ekonomi

Faktor yang kedua adalah kondisi ekonomi makro. Nyatanya, faktor ekonomi juga punya pengaruh besar banget dalam perencanaan SDM di perusahaan. Perubahan kondisi ekonomi negara dapat memengaruhi kebutuhan SDM dalam jangka panjang, jadi kamu harus bisa mengikuti perubahan kondisinya. Seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan fluktuasi nilai tukar mata uang yang bisa jadi perhatian kita.

Bagaimana cara menghadapi tantangannya? Kamu harus rutin melakukan analisis beban kerja dan juga analisis kebutuhan tenaga kerja. Dengan cara ini, kamu bisa lebih cepat menyesuaikan kebutuhan sumber daya manusia sesuai dengan perubahan kondisi ekonomi. Langkah ini juga akan membantu kamu dalam menjaga efisiensi serta mengelola tim.

3. Demografi Tenaga Kerja

Demografi tenaga kerja juga mempunyai andil penting dalam perencanaan SDM di perusahaan kamu. Faktor melibatkan perubahan dalam karakteristik tenaga kerja, seperti usia, jenis kelamin, dan latar belakang pendidikan. Mungkin ada peningkatan jumlah lulusan perguruan tinggi atau penurunan tingkat kelahiran yang bisa memengaruhi perencanaan SDM kamu.

Supaya bisa mengatasi tantangan dari perubahan demografi tenaga kerja, kamu harus tetap waspada dan selalu melakukan analisis kebutuhan tenaga kerja. Jangan lupa, kamu juga bisa meningkatkan semangat dan kinerja karyawan dengan memberikan peluang pengembangan karir dan program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Strategi ini berguna dalam memaksimalkan potensi tenaga kerja kamu.

4. Tren dan Isu Sosial

Yang keempat adalah tren dan isu sosial. Perubahan dalam perilaku dan preferensi masyarakat nyatanya dapat memengaruhi kebutuhan sumber daya manusia di masa depan. Misalnya, meningkatnya kesadaran lingkungan atau kebutuhan akan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Untuk menghadapi tantangan ini, kamu harus tetap update dengan perkembangan tren dan isu sosial yang relevan dengan bisnis. Kamu juga bisa terapkan praktik-praktik terbaik dalam manajemen SDM yang sesuai dengan tren dan isu sosial yang tengah berkembang. Dengan begitu, kamu bisa tetap relevan dengan perubahan dalam kebutuhan dan preferensi tim dan masyarakat.

5. Kondisi Politik

Berikutnya adalah kondisi politik yang mencakup stabilitas dan kebijakan pemerintah. Contohnya, ada perubahan dalam kebijakan tenaga kerja, terutama ketika kamu memutuskan untuk merekrut tenaga kerja asing.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menghadapi tantangan ini? Kamu harus jeli dalam memantau perkembangan kondisi politik yang berhubungan erat dengan perusahaanmu. Selain itu, kamu juga harus memiliki rencana cadangan untuk mengatasi perubahan dalam kebijakan pemerintah yang bisa memengaruhi perencanaan SDM.

6. Perkembangan Teknologi

Terakhir tapi tidak kalah signifikan adalah perkembangan teknologi. Faktor ini sudah terlihat nyata dalam setiap perusahaan. Mereka berlomba-lomba meningkatkan penggunaan teknologi agar tidak kalah saing dan tetap menjadi terdepan dalam industrinya. Nah, perkembangan teknologi ini juga memengaruhi perencanaan SDM. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau otomatisasi proses produksi adalah contoh perkembangan teknologi yang bisa kamu perhatikan.

Nah, biar kamu bisa menghadapi tantangan ini, amatilah perkembangan teknologi di sekitar industri bisnismu. Jangan lupa juga untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan melalui pelatihan dan pengembangan keterampilan teknologi yang sesuai. Dengan begitu, kamu bisa tetap bersaing dalam dunia bisnis yang terus berubah dan memanfaatkan teknologi untuk keuntungan perusahaan kamu.

Itulah enam faktor yang mempengaruhi perencanaan Sumber Daya Manusia yang tidak boleh kamu abaikan. Keenam faktor di atas memang berada di luar kendali karena merupakan faktor eksternal. Namun, kamu bisa menghadapi tantangannya dengan mengikuti tips yang telah dibagikan di atas.

Perencanaan SDM berkaitan dengan pengadaan tenaga kerja di perusahaan kamu. Masalahnya, proses menemukan talenta yang cocok untuk bisnismu tidaklah mudah dan memakan sumber daya yang cukup signifikan. 

Solusinya, kamu bisa bekerja sama dengan RecruitFirst melalui layanan outsourcing yang kami sediakan. Kamu mendapatkan paket lengkap rekrutmen yang terdiri dari proses wawancara, penandatanganan kontrak kerja, hingga proses onboarding. Yuk, klik di sini dan ceritakan mengenai kebutuhan tenaga kerja bisnismu. Dapatkan talenta yang ideal untuk bisnis kamu hanya dengan layanan alihdaya dari RecruitFirst!

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.