Tidak Hanya Meningkatkan Produktivitas, Temukan 8 Manfaat Pengembangan SDM bagi Bisnis Kamu

Recruit First
Pengembangan Organisasi
23 May 2023
<strong data-lazy-src=

Peningkatan produktivitas selalu menjadi manfaat yang dirasakan oleh perusahaan ketika mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di dalamnya. Perusahaan memiliki kinerja yang lebih baik dan memiliki daya saing yang lebih kuat karena karyawannya terus dikembangkan. Faktanya, manfaat pengembangan SDM untuk perusahaan tidaklah sekadar meningkatkan produktivitas, tetapi juga berpengaruh pada kemajuan perusahaan secara keseluruhan.

Lantas, apa saja manfaat yang dirasakan oleh perusahaan dalam mengembangkan SDM-nya? Yuk, cari tahu jawabannya dalam artikel ini.

Manfaat Pengembangan SDM bagi Karyawan dan Perusahaan

Pengembangan SDM juga bisa meningkatkan hubungan antar karyawan selama bekerja. Terlebih lagi, program ini juga membantu karyawan lebih kompeten dalam menghadapi tantangan terbesarnya. Mari kita lihat penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Meningkatkan Hubungan Antar Karyawan

Pengembangan SDM dapat meningkatkan metode interaksi antarkaryawan. Mereka saling berkomunikasi sesuai pedoman yang dibuat sehingga karyawan bisa mengembangkan metode kolaborasi dan kerja sama yang lebih baik. Selain itu, mereka juga akan berperilaku sesuai tata krama yang berlaku dan menetapkan aturan dalam menyelesaikan konflik. Singkatnya, pengembangan SDM bisa menciptakan suasana tempat kerja yang lebih harmonis.

Baca Juga: 5 Strategi Pengembangan SDM yang Penting Dipahami

2. Lebih Fokus pada Tujuan Perusahaan

Pengembangan SDM juga membantu karyawan lebih fokus pada tujuan perusahaan secara keseluruhan. Mereka bisa mempelajari visi, misi, dan tujuan perusahaan tidak hanya dengan mengikuti rapat rutin, tetapi juga melalui sesi pembelajaran khusus. Strategi ini bisa meminimalkan kebingungan tim kamu sehingga mereka lebih fokus dalam bekerja.

3. Mempersingkat Proses Perekrutan

Proses perekrutan akan lebih jelas dengan pengembangan SDM. Alhasil, perekrutan berjalan efektif dan karyawan bisa meningkatkan produktivitasnya. Mereka bisa mencari karyawan yang sesuai dengan budaya dan kebutuhan perusahaan sehingga tim recruiter bisa menyaring kandidat lebih efisien. Kemampuan SDM yang lebih baik dapat meningkatkan praktik perekrutan dan meningkatkan kualifikasi tim yang bekerja di perusahaan kamu.

Baca Juga: Bagaimana Proses Rekrutmen yang Efektif?

4. Meningkatkan Operasional Perusahaan

Operasional perusahaan juga meningkat karena SDM yang dipekerjakan memiliki kapasitas yang lebih besar. Contohnya, kamu ingin meningkatkan keterlibatan karyawan agar tercapai kerja sama yang baik. Kamu bisa melacak interaksi yang terjadi dalam anggota tim, mengenali hambatan dalam penyelesaian tugas, dan mengembangkan metode untuk meningkatkan efisiensi operasi. Kegiatan operasional yang berjalan lancar membuat perusahaan lebih produktif.

5. Meningkatkan Keterampilan Karyawan

Bukan hanya perusahaan, karyawan juga diuntungkan melalui pengembangan SDM. Keterampilan atau skill yang mereka miliki pun meningkat sehingga pekerjaan berjalan lebih efektif. Selain itu, kamu juga bisa mendeteksi segala bentuk perubahan yang memengaruhi kelancaran bisnis sehingga bisa mengetahui skill yang harus ditingkatkan oleh karyawanmu.

6. Lebih Kompeten dalam Mengatasi Situasi Tak Terduga

Kondisi bisnis yang terus berubah tentu membawa tantangan bagi karyawan yang bekerja di perusahaan. Mereka tidak boleh berpangku tangan dan harus mengatasi situasi yang terus berkembang dengan cepat dan efektif. Melalui pengembangan SDM, karyawan mampu beradaptasi lebih cepat serta mencari solusi baru dalam menghadapi tantangan tersebut. Karyawan akan lebih siap dan kompeten dalam mengatasi situasi yang tidak terduga sekalipun di dunia bisnis.

7. Mempertahankan Karyawan Berprestasi

Karyawan berprestasi dan ingin belajar sangatlah berharga bagi perusahaan. Kamu harus melakukan program pengembangan SDM untuk mempertahankan mereka. Karyawan yang berprestasi juga bisa dikembangkan menjadi calon pemimpin hebat yang siap meneruskan regenerasi sehingga perusahaan akan terus berkembang dan sukses dalam jangka panjang. Secara tidak langsung, perusahaan bisa menghemat biaya perekrutan dengan meningkatkan angka retention karyawan di dalamnya.

8. Meningkatkan Motivasi Karyawan

Terakhir, motivasi karyawan dalam bekerja pun meningkat setelah mengikuti pengembangan SDM. Mereka akan lebih terdorong untuk memberikan usaha terbaiknya selama bekerja di perusahaan. Keterlibatan karyawan yang juga meningkat melalui pengembangan SDM juga berpengaruh besar terhadap peningkatan motivasi karyawan. Pada akhirnya, perusahaan pun beroperasi lebih produktif karena memiliki karyawan yang termotivasi untuk bekerja.

Baca Juga: 8 Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan

Besar sekali manfaat pengembangan SDM untuk perusahaan kamu, bukan? Selain meningkatkan produktivitas, bisnismu juga mampu mempertahankan karyawan yang ada di dalamnya. Pengembangan SDM melalui pelatihan kepemimpinan juga membantu bisnismu agar tetap terus bertahan karena proses regenerasi terus berjalan.

Selain perusahaan, karyawanmu juga diuntungkan melalui pengembangan SDM. Keterampilan karyawan pun meningkat sehingga mereka lebih kompeten dalam menghadapi tantangan dan perubahan pasar. Mereka juga akan lebih termotivasi dalam bekerja serta memberikan yang terbaik bagi perusahaanmu.
Manfaat pengembangan SDM juga bisa dirasakan dalam proses rekrutmen yang berjalan di perusahaanmu. Kamu bisa menyaring kandidat yang sesuai dengan budaya dan skill yang dibutuhkan oleh perusahaanmu sehingga proses rekrutmen dan seleksi berjalan lebih efektif. 

Agar proses rekrutmen berjalan lancar, kamu bisa menggunakan jasa alihdaya dari RecruitFirst. Kami siap menyaring kandidat yang melamar sampai pada proses orientasi secara digital. Hubungi kami segera untuk informasi lebih lanjut tentang layanan RecruitFirst!

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.