Kumpulan Contoh Kata-Kata Resign Kerja yang Sopan, Simak!

RecruitFirst
Tips Mencari Kerja
06 Jun 2024
Kumpulan Contoh Kata-Kata Resign Kerja yang Sopan, Simak!

Resign dari pekerjaan bukanlah langkah yang mudah untuk diambil. Banyak sekali pertimbangan yang harus dipikirkan, termasuk alasan resign yang tepat. Selain itu, seorang karyawan juga terkadang merasa kesulitan dalam menyampaikan kata-kata resign kerja kepada atasan. 

Nah, artikel ini akan memaparkan kumpulan contoh kata-kata resign yang bisa kamu gunakan nanti. Catat dan simak sampai akhir!

Waktu dan Cara Mengajukan Resign

Pada dasarnya, memutuskan dan mengajukan pengunduran diri adalah hak setiap karyawan. Secara umum, waktu pengajuan resign yaitu minimal 30 hari sebelum tanggal pengunduran diri dimulai. Oleh karena itu, biasanya perusahaan meminta one month notice sebelum karyawan mengundurkan diri. 

Namun, setiap perusahaan terkadang memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait hal ini. Jadi, pastikan untuk selalu mencari tahu informasi-informasi terkait resign secara detail dan diskusikan dengan atasan.

Menentukan tentang kapan seharusnya kamu mengajukan resign bukanlah keputusan yang mudah. Sebelum benar-benar memutuskan untuk berhenti bekerja, kamu harus memiliki rencana jangka panjang yang matang, termasuk keuangan. 

Selain itu, sampaikanlah niat kamu dengan kata-kata resign kerja yang sopan kepada atasan atau pihak perusahaan. Berikut beberapa cara mengajukan resign yang bisa kamu terapkan.

  • Bicarakan secara pribadi dengan atasan atau pihak perusahaan terkait keputusan resign-mu secara langsung. Hal ini bertujuan agar kamu bisa menjelaskan lebih dalam mengenai alasanmu dan sebagai rasa hormat terhadap atasan.
  • Persiapkan alasan resign yang profesional dengan tetap menjaga reputasi perusahaan. Selain itu, penting untuk menghindari ungkapan negatif sekalipun alasan resign-mu mengandung ketidakpuasan pada perusahaan.
  • Selalu menjaga etos kerja. Selama periode resign usahakan untuk selalu menjaga profesionalitas dan selesaikan pekerjaan dengan baik.
  • Persiapkan surat pengunduran diri yang ditulis dengan bahasa formal dan profesional.

Baca juga: 12 Soft Skill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja, Catat!

Contoh Kata-Kata Resign Kerja yang Sopan

Setelah menerapkan beberapa cara pengunduran diri di atas, kamu juga harus menyiapkan kata-kata resign yang sopan pada atasan kamu. Contoh kata-kata mengundurkan diri dari pekerjaan ini bisa membantu kamu nantinya. Berikut ini adalah contoh kata-kata yang tepat untuk resign lewat WhatsApp maupun secara langsung.

1. Kata-kata Resign Kerja karena Ingin Fokus Membangun Bisnis

“Selamat pagi Bapak/Ibu, sebelumnya mohon maaf kalau saya mengganggu waktu. Saya ingin menyampaikan hal penting terkait keputusan saya untuk mengundurkan diri dari pekerjaan ini karena saya ingin fokus sepenuhnya pada pengembangan bisnis saya sendiri.

Keputusan ini telah melalui berbagai pertimbangan dan tentunya tidak mudah bagi saya. Saya sangat menghargai kesempatan serta pengalaman yang saya peroleh di perusahaan ini.

Saya sangat mengapresiasi kebaikan Bapak/Ibu dan mohon maaf jika selama ini saya masih kurang dalam banyak hal, baik dalam pekerjaan maupun dalam tingkah laku keseharian.

Terima kasih banyak atas semua pelajaran berharga selama saya bekerja di sini. Saya berharap kita tetap bisa menjaga hubungan dan komunikasi yang baik di masa depan.”

2. Kata-kata Resign Kerja karena Akan Menikah

“Selamat pagi, Bapak/Ibu. Melalui pesan WhatsApp ini, saya ingin menyampaikan hal yang penting. Saya memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan saya saat ini. 

Saya ingin berbagi kabar baik kepada Bapak/Ibu. Saya berencana untuk melepas masa lajang dalam waktu dekat. Keputusan ini datang setelah adanya diskusi dengan pasangan.

Terima kasih untuk Bapak/Ibu atas pengalamannya selama ini. Saya belajar banyak hal selama bekerja di sini, mulai dari cara berpikir, tindakan, profesionalitas pekerjaan, dan lain sebagainya.

Saya juga ingin meminta maaf karena masih memiliki banyak kekurangan dalam bekerja selama ini. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.”

Baca juga: 5 Tips Jitu Mendapatkan Pekerjaan Tidak Sesuai Jurusan

3. Kata-kata Resign Kerja karena Diterima di Perusahaan Lain

“Selamat siang Bapak/Ibu. Saya harap semuanya dalam keadaan baik. Saya ingin menyampaikan sesuatu yang penting mengenai pekerjaan saya di sini.

Saya telah memutuskan untuk mengundurkan diri dan akan melanjutkan perjalanan karier saya ke perusahaan lain. Ini adalah langkah yang saya rasa perlu diambil untuk perkembangan karier saya ke depannya.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas semua pengalaman dan insights yang saya dapatkan selama bekerja di sini. 

Saya akan tetap profesional menyelesaikan pekerjaan saya hingga notice period saya selesai.”

4. Kata-kata Resign Kerja karena Lingkungan Kerja yang Tidak Sehat

“Selamat siang, Bapak/Ibu. Melalui pesan WhatsApp ini, saya bermaksud menyampaikan keputusan resign setelah banyaknya pertimbangan. Adapun alasannya adalah karena saya ingin memperoleh pengalaman baru dan menggali potensi saya di bidang yang lain.

Saya sangat berterima kasih atas kesempatan dan ilmu yang Bapak/Ibu berikan kepada saya. Saya memohon maaf jika selama ini hasil kinerja saya kurang memuaskan atau di bawah ekspektasi Bapak/Ibu. Atau justru ucapan dan tindakan saya kurang berkenan pada Bapak/Ibu. Saya memohon maaf atas itu.

Demikian informasi pengunduran diri saya sampaikan. Terima kasih atas segala perhatian Bapak/Ibu.”

5. Kata-kata Resign Kerja karena Melanjutkan Studi

“Selamat pagi, Bapak/Ibu. Saya memohon izin untuk menyampaikan informasi terkait dengan permohonan resign kepada Bapak/Ibu selaku atasan saya melalui pesan WhatsApp ini. Saya ingin memberitahukan bahwa terhitung awal bulan depan saya mengajukan resign dari pekerjaan saat ini. 

Keputusan ini diambil dengan alasan karena saya ingin melanjutkan studi. Secara pribadi, saya sangat mengapresiasi tim kerja yang solid selama ini sehingga berdampak bagi pengembangan diri saya. 

Tidak lupa, saya juga memohon maaf atas segala kesalahan yang saya perbuat selama ini. Semoga bisa dibuka pintu maaf bagi saya.

Saya juga ingin memberitahukan bahwa dalam waktu dekat ini saya akan menemui Bapak/Ibu secara langsung untuk mengantarkan Surat Permohonan Pengunduran diri secara resmi. Demikian informasi ini, saya ucapkan terima kasih.”

Demikian pemaparan tentang kumpulan contoh kata-kata resign kerja yang dapat kamu jadikan referensi. Dengan contoh kata-kata resign di atas, semoga dapat membantu kamu menyampaikan alasan pengunduran diri dengan sopan.

Jika alasan resign disampaikan dengan baik, maka hubungan dengan atasan maupun rekan kerja pun bisa tetap terjaga. Hal ini termasuk dalam implikasi profesional yang penting.

Setelah mengajukan resign, sebagian orang tentu mencari peluang baru yang lebih baik. Nah, kamu dapat mencari hal tersebut melalui RecruitFirst.

RecruitFirst adalah tempat yang tepat untuk mengakses segala informasi seputar dunia kerja, termasuk lowongan pekerjaan yang berlokasi di dalam maupun luar negeri. RecruitFirst telah menjadi perusahaan terpercaya dalam melakukan proses rekrutmen secara ketat dengan kandidat yang terbaik.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera akses dan dapatkan peluang kerja terbaik bersama RecruitFirst.

Baca juga: Ini Dia 7 Cara Cepat Dapat Kerja untuk Fresh Graduate

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.