6 Jurusan Manajemen yang Paling Dibutuhkan & Prospek Kerja Bagus

RecruitFirst
Saran Karir
04 Mar 2024
6 Jurusan Manajemen yang Paling Dibutuhkan & Prospek Kerja Bagus

Jurusan manajemen termasuk jurusan dengan peminat tinggi di Indonesia. Pasalnya, lulusan jurusan manajemen menjadi salah satu tenaga kerja yang paling dicari oleh setiap perusahaan. Namun, ternyata jurusan manajemen terdiri dari berbagai jenis, lho. Bidang manajemen ini cukup luas serta mencakup banyak aspek, tak heran bila jenisnya pun beragam. Lantas, apa saja jurusan manajemen yang paling dibutuhkan? Yuk, baca uraian selengkapnya di bawah ini.

Jurusan Manajemen yang Paling Dibutuhkan 

Pada dasarnya, hampir seluruh sektor perusahaan membutuhkan ilmu manajemen untuk menjalankan operasionalnya. Itulah sebabnya, banyak yang mencari calon kandidat dari jurusan manajemen.

Jurusan ini juga banyak diminati oleh para calon mahasiswa. Sebagian besar alasan memilih jurusan manajemen adalah prospek kerjanya yang cukup banyak. Namun, perlu diketahui bahwa jurusan manajemen sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Ini dia masing-masing penjelasannya.

1. Manajemen Bisnis

Salah satu jurusan manajemen yang paling dibutuhkan adalah manajemen bisnis. Seperti namanya, program studi ini mempelajari tentang bisnis dan kewirausahaan. Selama perkualian, kamu akan mendapatkan pengetahuan dasar mengenai bisnis dan ilmu manajemen.

Kuliah jurusan manajemen bisnis dapat mengasah kemampuan kamu dalam melakukan komunikasi bisnis, serta mengelola kekayaan dengan baik. Ilmu manajemen ini juga dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang nantinya, seperti perbankan, manufaktur, hingga perusahaan teknologi. Bahkan, kamu pun bisa membuka bisnis sendiri.

2. Manajemen Perbankan

Pada dasarnya, manajemen perbankan mempelajari ilmu seputar perbankan, mulai dari customer service, teller, pembukuan, hingga berbagai produk perbankan secara komprehensif. 

Meski begitu, lulusan manajemen perbankan tidak hanya bisa bekerja di bank, namun juga kantor perpajakan. Adapun beberapa profesi spesifiknya adalah compliance risk management, frontliner, akuntan, dan lain-lain.

Baca Juga: Teori Manajemen: Definisi dan Penerapannya di Perusahaan

3. Manajemen Keuangan

Jurusan manajemen yang paling dibutuhkan berikutnya adalah manajemen keuangan. Seperti yang kita tahu, keuangan merupakan aspek yang paling krusial dalam setiap perusahaan. Program studi ini mempelajari tentang perencanaan, pengelolaan, pemanfaatan sumber daya keuangan, hingga analisis aspek keuangan dan moneter perusahaan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan tentang akuntansi, manajemen aset dan utang, akuisisi dana, instrumen keuangan, dan lain-lain. Jadi, jangan heran bila kamu nantinya bertemu dengan mata kuliah yang beragam karena cakupannya pun sangat luas.

Dikarenakan cakupannya yang cukup luas tersebut, prospek kerja jurusan manajemen ini juga sangat beragam, di antaranya auditor, manajer keuangan, akuntan, dan masih banyak lagi.

4. Manajemen Sumber Daya Manusia

Jurusan manajemen sumber daya manusia mempelajari tentang strategi pengembangan SDM, kepuasan kerja, pemberdayaan personalia, serta kesejahteraan dan keselamatan kerja karyawan. Setiap perusahaan tentu membutuhkan orang yang ahli dalam bidang manajemen sumber daya manusia agar tujuannya bisa tercapai dengan baik.

Lulusan manajemen sumber daya manusia dapat membantu perusahaan menjaga kesejahteraan, meningkatkan produktivitas, serta menyehatkan psikologi karyawan. Tak heran jika jurusan ini menjadi salah satu jurusan manajemen yang paling dibutuhkan.

Peran lulusan manajemen sumber daya manusia di dalam perusahaan biasanya sebagai rekruter, HRD, atau staf training karyawan. Jurusan ini juga akan sangat cocok buat kamu yang memiliki minat tinggi terhadap pengelolaan hubungan manusia dan perusahaan.

Baja Juga: 4 Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Era Globalisasi

5. Manajemen Operasional

Peluang kerja jurusan manajemen operasional juga tak kalah tinggi dengan jenis ilmu manajemen lainnya, lho. Pada program studi ini, kamu akan fokus mempelajari tentang produksi dan distribusi.

Melalui jurusan ini, kamu nantinya akan memiliki keahlian dalam bidang manajemen produksi dan operasional, yang meliputi perencanaan produksi, manajemen supply chain, hingga pengendalian kualitas.

Adapun beberapa prospek kerja jurusan manajemen operasional, antara lain logistics manager, account manager, staf operasional, dan lain-lain. Biasanya, lulusan jurusan ini bekerja di perusahaan logistik, manufaktur, atau transportasi. 

6. Manajemen Pemasaran

Jurusan manajemen yang paling dibutuhkan selanjutnya adalah manajemen pemasaran. Ilmu manajemen ini mempelajari tentang banyak hal, mulai dari perencanaan, pengelolaan pengawasan, pelaksanaan, kegiatan pemasaran, hingga evaluasi.

Di dalam program studi ini, kamu juga akan belajar mengenai cara mengembangkan konsumen, teori harga, analisis permintaan, segmentasi pasar, serta berbagai aspek pemasaran lainnya secara komprehensif.

Nantinya, kamu mungkin akan bergulat dengan mata kuliah periklanan dan promosi penjualan, riset pemasaran, serta perencanaan pemasaran.

Seperti yang kita tahu, setiap bisnis tentu membutuhkan peran marketer dalam mempromosikan produk maupun layanannya kepada konsumen. Itulah sebabnya, lulusan manajemen pemasaran dapat bekerja di berbagai perusahaan, baik itu teknologi, ritel, hingga digital.

Well, itu dia beberapa jenis jurusan manajemen yang paling dibutuhkan saat ini. Bila kamu ingin bekerja sebagai ahli manajemen di masa depan, kamu bisa mempertimbangkan jurusan-jurusan di atas.

Bagi kamu yang sedang mencari lowongan pekerjaan, RecruitFirst dapat menjadi platform yang bisa membantumu untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan impianmu. Kamu bisa melihat berbagai daftar loker di RecruitFirst dan mencari posisi yang kamu inginkan.

Praktis, cukup kirimkan resume terbaikmu, kemudian RecruitFirst akan menghubungimu apabila profil kamu cocok dengan peran yang sedang kami butuhkan. Yuk, mulai mencari pekerjaan bersama RecruitFirst!

Baca Juga: Apa itu Manajemen Perubahan dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.