5 Jawaban Mengapa Anda Tertarik Bekerja di Perusahaan Kami

RecruitFirst
Tips Mencari Kerja
29 Mar 2024
5 Jawaban Mengapa Anda Tertarik Bekerja di Perusahaan Kami

Pada saat interview, biasanya kamu akan diberikan pertanyaan “Mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan kami?” Pertanyaan ini mungkin terlihat sederhana. Namun, jawaban yang kamu berikan dapat berpengaruh besar terhadap peluang mendapatkan pekerjaan tersebut.

Untuk menjawabnya, tunjukkan kepada HRD bahwa kamu telah mengenal perusahaan dengan baik dan merupakan kandidat yang paling pas. Pasalnya, jawaban pertanyaan tersebut adalah salah satu pertimbangan penting untuk lolos wawancara. Artikel ini akan membahas mengenai jawaban atas pertanyaan “Mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan kami”. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini. 

Alasan HRD Memberi Pertanyaan “Mengapa Anda Tertarik Bekerja di Perusahaan Kami” 

Saat interview, HRD sering menanyakan alasan mengapa ingin bekerja di perusahaan kami. Pertanyaan ini bukan sekadar basa-basi, tapi memiliki beberapa tujuan tertentu yang harus kamu ketahui dan pahami.

Pertama, HRD ingin mengetahui persiapan kandidat. Jawaban yang menunjukkan pengetahuan tentang perusahaan akan menunjukkan keseriusan kandidat, seperti apakah ia telah mencari informasi tentang perusahaan.

Kedua, HRD ingin memahami karir dan tujuan kandidat. Dikarenakan perusahaan ingin merekrut karyawan yang memiliki tujuan dan bukan hanya mencari pekerjaan apa saja, maka tujuan karir kandidat perlu diketahui.

Ketiga, HRD ingin memahami ekspektasi kandidat. Apa yang diharapkan kandidat dari perusahaan setelah menjadi karyawan? Pertanyaan ini membantu HRD memahami apakah kandidat cocok dengan budaya kerja perusahaan.

Dengan mengetahui alasan kandidat ingin bergabung, HRD dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang siapa yang cocok untuk perusahaan. Karena itu, kamu perlu memberikan alasan yang tepat ingin bekerja di perusahaan ketika pertanyaan “Mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan kami” dilayangkan. 

Baca juga: Cara Membuat CV ATS Friendly, Favorit para HRD Perusahaan!

Tips Menjawab Pertanyaan “Mengapa Anda Tertarik Bekerja di Perusahaan Kami” 

Ada beberapa jawaban “Mengapa ingin bekerja di perusahaan kami” yang bisa kamu contoh. Namun sebelum itu, agar kamu bisa menjawab pertanyaan itu, simak beberapa tips berikut ini:

1. Lakukan Riset Tentang Perusahaan Sebelum Interview 

Langkah terpenting menjawab pertanyaan “Mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan kami” adalah melakukan riset tentang perusahaan yang kamu lamar. Riset ini akan membantumu memahami perusahaan secara lebih mendalam, sehingga kamu dapat memberikan jawaban yang lebih baik saat interview. Beberapa hal yang perlu kamu pelajari tentang perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Kegiatan dan produk: Apa yang dilakukan perusahaan? Apa saja produk atau layanan yang ditawarkan?
  • Nilai inti: Apa yang menjadi prinsip dan budaya perusahaan?
  • Visi dan misi: Apa tujuan jangka panjang dan strategi perusahaan?
  • Struktur organisasi: Bagaimana struktur organisasi perusahaan?
  • Berita dan perkembangan terbaru: Apa saja berita terbaru tentang perusahaan?

Dengan melakukan riset di atas, kamu dapat menunjukkan kepada HRD tentang keseriusanmu kepada perusahaan karena telah meluangkan waktu untuk mempelajarinya. Melakukan riset tentang perusahaan sebelum interview bisa meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan.

2. Fokuskan pada Keunggulan Perusahaan dan Skill yang Kamu Miliki 

Tips selanjutnya dalam menjawab pertanyaan “Mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan kami” adalah fokus pada keunggulan perusahaan dan skill yang kamu miliki. Hindari menjawab pertanyaan HRD dengan ketidakseriusan, seperti “karena perusahaan sedang membuka lowongan”, “sedang membutuhkan pekerjaan”, atau “sedang membutuhkan uang”.

Meskipun jujur, jawaban ini tidak menunjukkan antusiasme dan pengetahuan kamu tentang perusahaan. Bahkan, HRD justru akan menilai kamu tidak memiliki tujuan karir yang jelas dan hanya mencari pekerjaan apa saja. Sebagai gantinya, fokuslah pada kelebihan perusahaan dan hubungkan dengan skill-mu yang dapat membantu perkembangan perusahaan.

3. Tunjukkan Semangatmu untuk Bekerja di Perusahaan 

Manfaatkan pertanyaan “Mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan kami” untuk menunjukkan antusiasmemu terhadap posisi yang kamu lamar. Tunjukkan bahwa kamu benar-benar tertarik bergabung dan buktikan dengan pengetahuan cukup tentang perusahaan dan posisi yang dilamar.

4. Tetap Rileks dan Santai

Agar dapat menjawab pertanyaan “Mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan kami”, saat memulai berbicara dengan HRD, gunakan bahasa yang sopan dan tunjukkan ketenanganmu. 

Usahakan untuk menghindari terbata-bata saat berbicara karena dapat memberikan kesan gugup atau kurang persiapan. Ingatlah bahwa HRD dapat menilai kamu dari cara berbicara, jadi pastikan kamu menunjukkan kepercayaan diri dan ketenangan.

Untuk mengatasinya, sebelum wawancara luangkan waktu untuk menenangkan diri. Lakukan teknik relaksasi, seperti meditasi atau tarik napas dalam-dalam. Hal ini akan membantumu untuk lebih fokus dan tenang saat menjawab motivasi melamar kerja dari pertanyaan HRD.

Baca juga: Cara Mencari Pekerjaan via Online yang Aman bagi Jobseeker!

Jawaban Pertanyaan “Mengapa Anda Tertarik Bekerja di Perusahaan Kami”

Selain tips di atas, ada beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk menjawab pertanyaan “Mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan kami”. Berikut beberapa cara menjawab pertanyaan mengapa ingin bekerja di perusahaan kami yang biasa dilayangkan oleh HRD untuk kamu jadikan referensi:

1. Gabungkan Pandangan Pribadi dan Produk Perusahaan

“Sebagai fresh graduate, saya ingin belajar dan berkembang di perusahaan terbaik bagi saya. Saya yakin bahwa perusahaan Anda dapat memberikan saya kesempatan untuk belajar dan mengembangkan skillset saya. Saya juga yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang positif bagi tim Anda.”

2. Ceritakan Pengalaman dan Skill-mu 

“Saya tertarik bekerja di sini karena saya yakin dapat berkembang secara profesional di posisi ini. Sejak lulus kuliah, saya telah mendapatkan pengalaman kerja di bidang kepenulisan, jurnalisme, marketing, dan advertising. Saya yakin bahwa kemampuan dan pengalaman saya tersebut akan sangat bermanfaat bagi posisi Digital Marketing di perusahaan ini.”

3. Selalu Berkata Jujur 

“Sebelum mendaftar, saya belum mengenal banyak tentang perusahaan Anda. Namun, setelah mempelajari portofolio desain interior melalui berbagai sumber, khususnya proyek komersial dan retail, saya benar-benar terkesan. 

Saya yakin dengan pengalaman 5 tahun dalam desain interior membuat skill saya terutama dalam menentukan warna, tekstur, pencahayaan, dan penguasaan 2D serta 3D, dapat berkontribusi secara signifikan pada proyek-proyek perusahaan Anda di masa depan.”

4. Sambungkan Visi dan Misi Perusahaan dengan Minatmu 

“Visi perusahaan Anda untuk menyediakan produk elektronik yang inovatif dan ramah lingkungan, sebagaimana tercantum di situs resmi, sangat menarik bagi saya. Latar belakang pendidikan saya sebagai lulusan SMK Teknik Elektronika akan menjadi bekal yang bermanfaat untuk membantu perusahaan mencapai visi tersebut, khususnya dalam mengembangkan produk elektronik yang inovatif dan efisien.”

5. Jelaskan Ketertarikan Bekerja di Posisi Tersebut

“Membagi ilmu dan membantu orang lain belajar merupakan sumber kebahagiaan bagi saya. Pengalaman saya sebagai tutor selama masa sekolah dan perkuliahan telah memperkuat passion saya dalam mengajar. Saya yakin bahwa passion dan keahlian saya dapat berkontribusi secara positif pada perusahaan Anda.”

Itulah tips dan jawaban dari pertanyaan “Mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan kami?” yang bisa kamu jadikan rujukan saat interview nanti. 

Setelah mempelajari cara menjawab pertanyaan mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan kami, kamu mungkin perlu menjelajahi berbagai posisi yang cocok untuk dilamar. Untuk mendukung hal tersebut, RecruitFirst akan membantumu menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keahlianmu. 

Tenang saja jika belum ada yang cocok dengan skill dan minatmu, sebab RecruitFirst akan memberikan notifikasi yang memberitahumu ketika ada peluang pekerjaan. Sangat membantu, kan? Jadi, yuk segera buat akun di RecruitFirst sekarang juga dan temukan pekerjaan impianmu!

Baca juga: Cara Menulis Lamaran Kerja di Email yang Baik dan Benar

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.