11 Fasilitas Perusahaan untuk Menarik Talenta Terbaik

RecruitFirst
Pengembangan Organisasi
17 May 2024
11 Fasilitas Perusahaan untuk Menarik Talenta Terbaik

Ketika mencari tempat kerja baru, talenta bukan hanya mengaharapkan gaji, melainkan juga ingin mendapatkan fasilitas perusahaan yang bisa meningkatkan kesejahteraannya selama bekerja. Talenta akan merasa lebih tenang dan tidak perlu khawatir karena kebutuhannya sudah dipenuhi oleh perusahaan.

Fasilitas perusahaan yang dimaksud ini tidak sekedar hal material seperti tunjangan dan asuransi kesehatan, melainkan juga fasilitas yang mendukung kesehatan mental karyawan agar tetap semangat saat kerja.

Ingin menjadi tempat kerja yang bergengsi di mata pencari kerja? Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui daftar fasilitas perusahaan yang perlu disediakan untuk karyawannya.

Fasilitas Perusahaan yang Perlu Disediakan

Berikut ini beberapa fasilitas perusahaan yang harus kamu sediakan supaya talenta tertarik bekerja di tempatmu!

1. Tunjangan Transportasi

Biasanya, tunjangan transportasi dicari oleh talenta yang mobilitasnya tinggi dalam bekerja, seperti account manager atau sales lapangan yang sering bertemu klien di luar kantor.

Tunjangan transportasi bisa diberikan dalam bentuk yang beragam. Pertama, kamu bisa menyediakan tanggungan biaya parkir, bensin, atau tol kepada talenta yang mempunyai kendaraan pribadi.

Kedua, kamu bisa menawarkan mobil dinas, jemputan, atau tunjangan transportasi online bagi talenta yang sering menggunakan kendaraan umum.

Terakhir, tunjangan transportasi disediakan ketika melakukan perjalanan bisnis, seperti biaya tiket pesawat, bus, atau kereta api.

2. Tunjangan Teknologi

Saat ini, hampir seluruh proses kerja bisnis menggunakan peralatan digital. Ada baiknya kamu menyediakan tunjangan teknologi kepada talenta, terutama yang bekerja di area IT atau digital, seperti programmer, graphic designer, content writer, dan masih banyak lagi.

Tunjangan teknologi bisa disediakan dalam bentuk komputer atau laptop dengan perangkat yang lengkap. Hal ini memang berisiko, tetapi kamu bisa membuat ketentuan mengenai kompensasi jika peralatannya rusak.

Selain itu, kamu juga bisa menyediakan tunjangan berupa uang tunai bagi talenta yang menggunakan peralatan pribadi. Tunjangan teknologi bisa juga berupa pulsa atau kuota internet untuk menunjang pekerjaan mereka.

Baca juga: 5 Jenis Kontrak Kerja Karyawan yang Perlu Perusahaan Pahami

3. Cuti Berbayar

Cuti berbayar atau paid leave berarti kamu tidak memotong gaji ketika talenta mengambil cuti. Kebijakan mengenai cuti berbayar ini perlu dipertimbangkan karena masuk dalam regulasi ketenagakerjaan Indonesia.

Talenta bisa mengambil cuti kapan pun untuk beristirahat dan liburan sekaligus menjaga work-life balance. Mereka pun akan merasa segar dan lebih produktif setelah kembali bekerja.

4. Menyediakan Makan Siang

Kamu juga bisa menyediakan menyediakan makan siang supaya talenta lebih praktis dan tidak perlu menghabiskan waktu lebih banyak untuk mencari makan atau memesan makanan secara online.

Ada baiknya kamu menyediakan opsi request menu sesuai preferensi talenta. Alternatif lain dari menyediakan makan siang adalah tunjangan makan berupa uang tunai atau voucher.

5. Fasilitas Kesehatan

Fasilitas ini tersedia dalam bentuk asuransi kesehatan. Kamu bisa menawarkan berbagai opsi asuransi kesehatan, contohnya rencana kesehatan yang bisa dikurangi dengan pilihan rekening tabungan kesehatan sesuai kebutuhan talenta.

Selain asuransi kesehatan, kamu juga bisa menyediakan asuransi gigi dan asuransi penglihatan. Asuransi penglihatan sangat diperlukan, apalagi banyak pekerja yang berhadapan dengan komputer pada saat ini.

6. Training and Development

Talenta yang bergabung di perusahaan kamu tidak semata-mata ingin mengincar gaji, tetapi juga pengembangan diri. Maka dari itu, kamu perlu menyediakan fasilitas training and development.

Fasilitas ini bisa disediakan dengan mendaftarkan talenta mengikuti kelas pelatihan atau workshop yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang mereka tekuni. 

Kamu pun mendapatkan keuntungan dari fasilitas ini, yaitu kompetensi karyawan yang meningkat sehingga kontribusinya lebih besar untuk tempat kerjamu.

Baca juga: 6 Manfaat Pelatihan Karyawan Bagi Perusahaan dan Tipsnya

7. Jadwal Kerja yang Fleksibel

Talenta masa kini ingin memiliki jadwal kerja yang fleksibel supaya bisa menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan.

Untuk memenuhi fasilitas ini, kamu dapat menyediakan opsi kerja hybrid atau remote working. Metode kerja ini bisa menghemat biaya transportasi. Talenta pun bisa mengatur jam kerja sendiri daripada terikat pada jam kerja konvensional, yaitu 09.00-17.00.

8. Dukungan Kesehatan Mental

Tanpa disadari, tekanan di tempat kerja dapat menyebabkan pekerja merasa stres, burnout, dan yang lebih parah adalah depresi. Inilah pentingnya menyediakan fasilitas berupa dukungan kesehatan mental.

Fasilitas ini bisa disediakan melalui konselor atau psikolog yang bisa diajak berkonsultasi secara langsung maupun melalui telepon yang bahkan bisa dihubungi di luar jam kerja. Perusahaan juga bisa bekerja sama dengan lembaga konseling kejiwaan untuk menyediakan fasilitas ini.

9. Beasiswa

Pendidikan adalah hal yang berharga untuk setiap orang, termasuk karyawan. Kamu bisa menyediakan beasiswa sebagai bentuk dukungan bagi talenta yang ingin melanjutkan pendidikannya. Bukan hanya mereka, kamu pun mendapatkan keuntungan dari penyediaan fasilitas ini.

Kamu bisa mendapatkan kontribusi dari talenta ketika mereka sudah menyelesaikan pendidikannya. Namun, pastikan kamu menentukan syarat dan ketentuan supaya beasiswa ini bisa dimanfaatkan dengan benar.

10. Apresiasi Performa Kerja

Talenta juga mempunyai kebutuhan akan pengakuan diri. Kamu bisa menyediakan fasilitas berupa apresiasi terhadap performa kerja yang berhasil mereka lakukan.

Contohnya, memberikan bonus atau penghargaan berupa sertifikat karyawan teladan. Talenta pun lebih semangat dalam bekerja jika hasil kerjanya diapresiasi.

11. Fasilitas Khusus Pekerja Perempuan

Untuk pekerja perempuan, kamu perlu menyediakan fasilitas khusus yang menunjang kesejahteraannya, seperti cuti hamil dan cuti melahirkan yang diatur dalam peraturan ketenagakerjaan di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa menyediakan penitipan anak dan ruang menyusui bagi working mom.

Baca juga: Career Development: Definisi, Manfaat, dan Cara Menerapkannya

Percayakan Kegiatan Outsourcing Bersama RecruitFirst

Talenta pasti tertarik untuk bekerja di tempat kerjamu apabila menyediakan fasilitas perusahaan seperti di atas. Kamu bisa menyesuaikan fasilitas di atas agar lebih pas dengan kebijakan perusahaanmu.

Nah, supaya bisa mendapatkan talenta berkualitas dalam waktu yang tepat, kamu menggunakan jasa alihdaya dari RecruitFirst. Kami siap membantu kamu dalam mencari talenta yang sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan.

Langsung hubungi kami untuk berkonsultasi bersama RecruitFirst supaya proses rekrutmen di perusahaanmu berjalan mulus!

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.