5 Cara Menolak Tawaran Kerja dengan Sopan beserta Contohnya

RecruitFirst
Saran Karir
14 Mar 2024
5 Cara Menolak Tawaran Kerja dengan Sopan beserta Contohnya

Cara menolak tawaran kerja dengan sopan merupakan hal yang penting karena bisa memengaruhi kredibilitas kamu. Di dunia kerja, menolak sebuah tawaran pekerjaan adalah hal yang sering terjadi. Entah karena masalah gaji, hak karyawan yang ditawarkan tidak sesuai harapan, atau karena sudah menerima pekerjaan di tempat lain, yang jelas hal semacam ini sudah sering terjadi.

Menolak tawaran kerja itu boleh-boleh saja, tapi kamu juga perlu mempertimbangkan cara sopan menolak tawaran kerja tersebut untuk menghargai perusahaan yang memberikan tawaran dan menunjukkan sikap profesional. Nah, buat kamu yang masih bingung bagaimana cara menolak tawaran pekerjaan secara halus dan sopan, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menolak Tawaran Kerja dengan Sopan

Untuk menjaga kredibilitas dan sikap profesional, seorang pekerja harus mengetahui cara menolak tawaran kerja dengan sopan. Tawaran kerja bisa datang kapan saja dan sudah menjadi hak kamu untuk menolak atau menerima tawaran tersebut. Berikut merupakan cara menolak tawaran kerja dengan sopan yang bisa kamu terapkan.

1. Yakinkan Diri Sendiri Sebelum Menolak Tawaran Kerja

Sebelum melakukan penolakan, pastikan kamu benar-benar yakin dengan keputusanmu. Sebuah tawaran tidak akan datang dua kali, maka dari itu jangan sampai menyesal dengan keputusan yang sudah kamu buat.

Coba teliti kembali dari awal, baca kembali tawaran kerja yang kamu terima, dan pikirkan pelan-pelan kenapa kamu ingin menolak tawaran tersebut. Lakukan terus hal tersebut sampai tidak ada keraguan lagi dalam keputusanmu. Apabila masih ada keraguan, kamu bisa meminta pendapat orang lain sebagai bahan pertimbangan.

2. Ucapkan Terima Kasih

Cara menolak tawaran kerja dengan sopan yang selanjutnya adalah mengucapkan terima kasih. Tunjukkan bahwa kamu benar-benar menghargai tawaran yang sudah mereka berikan meskipun pada akhirnya kamu menolak tawaran tersebut.

Bersamaan dengan ucapan terima kasih tersebut, kamu juga bisa bercerita tentang pengalaman baikmu selama mengenal dan menjalani proses rekrutmen dari perusahaan tersebut. Dengan begitu, ucapan terima kasihmu tidak akan terkesan sebagai formalitas saja, tapi benar-benar tulus.

3. Utamakan Etika dan Sopan Santun

Cara menolak tawaran kerja dengan sopan berikutnya adalah memperhatikan etika. Kalimat yang sopan saja tidak cukup, kamu juga harus memperhatikan waktu membalas tawaran kerja tersebut.

Sebagai contoh, kamu tidak disarankan mengirim balasan dari tawaran tersebut pada malam hari atau pada hari libur karena akan mengganggu waktu istirahat recruiter. Kamu bisa mengirim pesan tersebut pada hari kerja

Baca juga: 12 Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja, Catat!

4. Utarakan Alasan Penolakanmu

Cara menolak tawaran kerja dengan sopan berikutnya adalah mengutarakan alasan penolakan. Ada baiknya menuliskan alasan yang tepat untuk menolak tawaran kerja agar penolakan kamu terlihat serius. Dalam mengutarakan alasan, kamu tidak perlu menyebutkannya secara spesifik.

Misal, kamu menolak tawaran kerja karena sudah menerima pekerjaan di perusahaan A. Kamu hanya perlu menuliskan bahwa kamu sudah menerima pekerjaan lain, tidak perlu menyebutkan perusahaan mana yang sudah kamu terima.

5. Jalin Koneksi yang Baik

Langkah terakhir dalam cara menolak tawaran kerja dengan sopan adalah tetap menjalin koneksi baik dengan pemberi tawaran kerja. Dalam dunia kerja, keberadaan koneksi kerja akan sangat membantu kamu dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada.

Jadi, meski kamu menolaknya, tetap tawarkan kepada mereka untuk menjaga komunikasi. Dengan tetap menjaga komunikasi, ada kemungkinan kamu dan pemberi tawaran tersebut bisa bekerjasama di masa mendatang.

Contoh Menolak Tawaran Kerja dengan Sopan

Setelah memahami beberapa cara menolak tawaran kerja dengan sopan di atas, kamu sekarang sudah siap untuk membuat balasan dari tawaran kerja yang akan kamu tolak. Untuk kamu yang masih bingung, nih beberapa contoh cara menolak tawaran kerja dengan sopan yang bisa kamu pakai sebagai referensi.

1. Jika Memilih Penawaran dari Perusahaan Lain

Ada kalanya kamu menerima beberapa tawaran kerja sekaligus dalam satu waktu. Tentunya kamu tidak mungkin menerima semuanya kan? Jika kamu lebih memilih tawaran kerja dari perusahaan lain, berikut contoh email menolak tawaran kerja yang bisa kamu gunakan sebagai referensi.

Kepada Yth. (HRD Rekrutmen)

Saya ucapkan terima kasih atas tawaran kerja untuk posisi (nama posisi) yang sudah diberikan. Terima kasih pula sudah diberi kesempatan untuk mengikuti proses rekrutmen sampai tahap ini. Saya bisa belajar banyak hal tentang dunia kerja yang profesional dari perusahaan ini.

Setelah pertimbangan panjang, dengan berat hati saya memutuskan untuk menerima tawaran dari perusahaan lain yang lebih cocok dengan jenjang karir yang saya rencanakan. Berdasarkan keputusan tersebut, saya tidak bisa menerima penawaran dari Anda.

Terima kasih untuk kepercayaan yang sudah Anda berikan pada saya. Semoga kita bisa bekerja sama di lain kesempatan.

Hormat saya,

(nama kamu)

Baca juga: 13 Ciri Lingkungan Kerja yang Baik dan Ideal bagi Karyawan

2. Jika Sudah Bekerja di Perusahaan Lain

Proses rekrutmen suatu perusahaan biasanya memakan waktu yang lama. Ada kalanya kamu sudah menerima dan bekerja di perusahaan lain ketika menunggu proses rekrutmen tersebut. Berikut merupakan contoh cara menolak tawaran pekerjaan dengan sopan apabila kamu sudah bekerja di perusahaan lain.

Kepada Yth. (HRD Rekrutmen)

Saya ucapkan terima kasih atas tawaran kerja untuk posisi (nama posisi) yang sudah diberikan. Terima kasih juga sudah diberi kesempatan untuk mengikuti proses rekrutmen sampai tahap ini. Saya bisa belajar banyak hal tentang dunia kerja yang profesional dari perusahaan ini.

Untuk saat ini saya sudah bekerja di perusahaan lain sehingga saya tidak bisa menerima penawaran yang Anda berikan.

Terima kasih untuk kepercayaan yang sudah Anda berikan pada saya. Semoga kita bisa bekerja sama di lain kesempatan.

Hormat saya,

(nama kamu)

3. Jika Kurang Cocok dengan Penawaran yang Diberikan

Bukan suatu masalah apabila kamu merasa kurang cocok dengan penawaran kerja yang kamu terima. Apabila sudah tidak bisa didiskusikan lebih lanjut, maka kamu boleh menolak tawaran tersebut. Berikut merupakan contoh cara menolak tawaran pekerjaan dengan sopan apabila kamu merasa kurang cocok dengan tawaran tersebut.

Kepada Yth. (HRD Rekrutmen)

Saya ucapkan terima kasih atas tawaran kerja untuk posisi (nama posisi) yang sudah diberikan. Terima kasih juga sudah diberi kesempatan untuk mengikuti proses rekrutmen sampai tahap ini. Saya bisa belajar banyak hal tentang dunia kerja yang profesional dari perusahaan ini.

Setelah mempelajari dan mempertimbangkan tawaran yang Anda berikan, saya menemukan beberapa poin yang tidak sejalan dengan prinsip yang saya yakini. Sehingga, dengan berat hati saya tidak bisa menerima tawaran tersebut.

Terima kasih untuk kepercayaan yang sudah Anda berikan pada saya. Semoga kita bisa bekerja sama di lain kesempatan.

Hormat saya,

(nama kamu)

4. Secara Informal Melalui Fitur Pesan Platform Pencari Kerja

Cara menolak tawaran kerja dengan sopan tidak harus secara formal. Seperti yang sudah kamu ketahui, sekarang sudah ada banyak platform pencari kerja yang memiliki fitur pesan. Dari fitur tersebut kamu bisa langsung berkomunikasi secara personal dengan pemberi kerja. 

Dan dari fitur pesan tersebut kamu bisa menolak langsung tawaran yang mereka berikan, tak perlu membalasnya dalam bentuk email secara formal. Berikut merupakan contoh cara menolak tawaran kerja dengan sopan secara informal.

Halo (nama HRD rekrutmen)

Terima kasih untuk tawaran kerja yang Anda berikan, saya sangat menghargainya. Namun dengan berat hati saya harus menolak tawaran tersebut karena (alasan kamu).

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih, semoga kita bisa bekerja sama di lain kesempatan.

Perjalanan di dunia kerja sangatlah panjang. Ketidakcocokan dan sebuah penolakan merupakan hal yang lumrah ditemukan ketika kamu terjun di dunia kerja. Maka dari itu, jangan ragu untuk menolak suatu tawaran apabila kamu merasa kurang cocok dengan tawaran tersebut. Selain itu, terapkan cara menolak tawaran kerja dengan sopan di atas untuk menjaga kredibilitas dan sikap profesional kamu.

Dan buat kamu yang masih belum mendapat tawaran kerja, jangan bersedih, kamu bisa coba mencari lowongan pekerjaan lewat RecruitFirst. Di sini, kamu bisa mencari lowongan pekerjaan di berbagai bidang industri, baik dari dalam maupun luar negeri. So, tunggu apa lagi? Ayo, cari pekerjaan yang paling cocok untuk kamu melalui RecruitFirst sekarang juga!

Baca juga: 7 Tips Career Switch agar Sukses saat Beralih Profesi

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.