8 Langkah yang Perusahaan dapat Lakukan untuk Meningkatkan Komitmen Karyawan dalam Bekerja

RecruitFirst
Pengembangan Organisasi
18 Oct 2023
8 Langkah yang Perusahaan dapat Lakukan untuk Meningkatkan Komitmen Karyawan dalam Bekerja

Rasanya menyenangkan kalau kamu melihat karyawan yang mempunyai komitmen dalam bekerja, bukan? Mereka menjadi lebih produktif sehingga semua tugasnya bisa selesai lebih cepat dan mempunyai kualitas yang lebih baik. Target kerja pun jadi lebih mudah dicapai karena komitmen dan kemauan karyawan yang tinggi dalam bekerja.

Komitmen memang lahir dalam keinginan atau motivasi karyawan. Namun, sebagai pemberi kerja, tidak ada salahnya kamu turut serta dalam meningkatkan komitmen kerja karyawan. Lagi pula, motivasi karyawan juga dipengaruhi oleh kondisi di lingkungan kerjanya, sehingga memengaruhi tingkat komitmen yang mereka miliki.

Lantas, apa yang bisa kamu lakukan dalam meningkatkan komitmen kerja karyawan? Cari tahu tipsnya di artikel ini, yuk!

Memahami Pengertian Komitmen dalam Bekerja

Alangkah baiknya kamu memahami dulu pengertian komitmen dalam bekerja. Komitmen artinya karyawan merasa terikat untuk mengerjakan sesuatu. Nah, dengan adanya ikatan ini, apa pun yang mereka lakukan, baik itu kerjaan, tugas, aktivitas, maupun janji, semuanya menjadi tanggung jawab yang ingin mereka tuntaskan sepenuh hati.

Dalam konteks pekerjaan, komitmen kerja karyawan berbicara tentang bagaimana cara mereka menjalankan tugasnya di perusahaan. Mereka menunjukkan komitmennya dengan cara tetap setia terhadap perusahaan, mencapai tujuan perusahaan, dan mengikuti visi, misi, serta nilai-nilai perusahaan.

Kenapa komitmen dalam bekerja harus menjadi perhatian perusahaan? Tujuannya adalah supaya karyawan bisa setia dengan perusahaan serta membangun rasa saling percaya antara karyawan dan perusahaan. Selain itu, ada tujuan dan harapan yang sejalan antara keduanya dengan membangun komitmen kerja.

Cara Membangun dan Meningkatkan Komitmen Kerja Karyawan

Jadi, bagaimana langkah yang bisa kamu lakukan dalam membangun komitmen kerja karyawan? Ikuti saja tips di bawah ini!

1. Bangun Budaya Kerja Sama yang Kuat

Komitmen dalam bekerja terbangun kalau setiap tim mempunyai budaya kerja yang kuat. Untuk membangunnya, kamu harus membuat suasana kerja yang nyaman. Saat karyawan bisa bekerja sama, mereka bisa melihat perspektif lain dari orang-orang dengan latar belakang yang berbeda. Tips ini bisa membuka pandangan karyawan dan membuat semangat kerja lebih tinggi.

2. Selaraskan Tujuan Individu dengan Tujuan Perusahaan

Langkah ini tidak hanya dilakukan biar tujuan perusahaan bisa terwujud. Karyawan pun merasa nyaman dan mau berkomitmen lebih dalam pekerjaannya kalau tujuan mereka sejalan dengan perusahaan. Tentunya, langkah ini membutuhkan komunikasi yang jelas dari perusahaan. Perusahaan harus memberitahukan tujuan mereka dan juga visi serta misinya. Jadi, karyawan tahu kalau mereka bekerja untuk hal yang sama sehingga semangat mereka ikut bertambah.

3. Menjaga Nilai Positif di Lingkungan Perusahaan

Nilai positif yang ada di perusahaan harus terus dijaga, bahkan bisa dibangun menjadi kebiasaan. Dari situ, tradisi positif bisa lahir dan diteruskan kepada karyawan yang bergabung nantinya. Misalnya, budaya terbuka pas membicarakan ide atau sering mengadakan meeting one-on-one. Tradisi positif ini bisa membangun karakter karyawan yang juga punya komitmen tinggi.

4. Dukung Perkembangan Karyawan

Karyawan juga perlu diberikan perhatian mengenai perkembangan skill mereka. Hindari berpikir kalau investasi buat karyawan hanya menguras duit perusahaan. Sebaliknya, kamu harus melihat kalau investasi ini berguna untuk masa depan. Lagi pula, kalau karyawan mendapatkan skill baru dan kerjanya lebih bagus berkat mengikuti pelatihan, hal ini bisa menguntungkan perusahaan, bukan. Karyawan juga bakal merasa dihargai sehingga komitmen mereka pasti ikut meningkat.

5. Tingkatkan Kualitas Kepemimpinan

Pemimpin adalah cerminan perusahaan itu sendiri. Karyawan bakal nyaman atau tidak tergantung pada bagaimana kepemimpinan di dalamnya. Pemimpin yang bagus dan bisa membantu karyawan maju bersama bakal meningkatkan komitmen kerja karyawan. Adakah pelatihan kepemimpinan supaya kamu bisa mempunyai pemimpin yang cakap, tidak hanya untuk masa kini, tapi juga untuk masa depan dan regenerasi perusahaan.

6. Ciptakan Rasa Kebersamaan

Rasa kebersamaan di perusahaan sangatlah penting karena bisa meningkatkan komitmen dari semua karyawan. Kebersamaan bisa dibangun lewat berbagai cara, seperti acara outing kantor sekali setahun. Acara seperti itu bisa membangun rasa kebersamaan, kerja sama, berbagi, dan sebagainya. Pandangan karyawan tentang bekerja pun berubah. Mereka menganggap kalau kerja lebih dari sekadar tugas, tapi menjadi usaha untuk mencapai tujuan bersama.

7. Berikan Promosi dan Kenaikan Gaji

Perusahaan harus memberikan penghargaan lewat gaji yang sesuai dengan kerja keras karyawan. Selain itu, mereka juga harus memberikan kesempatan promosi jabatan yang lebih baik. Kalau sudah ada promosi, otomatis gaji juga naik. Nah, hal ini bisa membuat karyawan lebih berkomitmen untuk bekerja lebih baik lagi.

8. Dengarkan Karyawanmu

Terakhir dan tidak kalah penting, kamu harus mendengarkan karyawan. Langkah ini bisa dilakukan dengan mengadakan survei kepuasan karyawan. Namun, penting juga untuk menindaklanjuti hasil survei dengan tindakan yang nyata. Kalau masukan dari karyawan bisa dijalankan, ini bisa menambah motivasi dan komitmen mereka. 

Kamu juga bisa mengadakan layanan konseling untuk membantu karyawan mengatasi masalah yang mereka alami terkait pekerjaan maupun kehidupan. Komitmen dalam bekerja kian bertambah jika kamu memperhatikan kondisinya.

Itulah langkah yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan semangat dan komitmen dalam bekerja yang ada dalam diri karyawan. Selain meningkatkan komitmen kerja, tentunya kamu memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan HR lainnya, bukan? Nah, agar pekerjaan HR kamu makin lancar, gunakanlah aplikasi HRIS dari RecruitFirst. 

Kami bisa mengembangkan sistem HRIS yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan kamu sehingga lebih relevan. Tidak perlu khawatir kalau terjadi masalah dalam penggunaannya karena RecruitFirst menyediakan dukungan pelanggan yang siap sedia. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai aplikasi HRIS RecruitFirst!

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.