Apa Itu HRBP serta Peran dan Fungsinya

Recruit First
Pengembangan Organisasi
30 May 2023
Apa Itu HRBP serta Peran dan Fungsinya

Pernahkah kamu mendengar istilah Human Resource (HR) business partner? Istilah tersebut tentu tidak asing di telinga kamu yang sedang menjalankan perusahaan. HR business partner adalah sebutan terhadap orang yang terlibat aktif dalam mengurus berbagai hal yang berhubungan dengan unit kerja.

Peran HR business partner sangatlah dibutuhkan dalam perusahaan. Melihat perannya yang begitu signifikan, kali ini RecruitFirst akan mengupas tuntas tentang HRBP serta tanggung jawabnya dalam perusahaan. Yuk, simak artikelnya supaya kamu bisa memahami tentang peran ini.

Apa yang Dimaksud dengan HR Business Partner (HRBP)?

HR business partner adalah seorang profesional di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja secara langsung bersama pimpinan perusahaan dan tim manajemen lainnya dalam rangka mengembangkan SDM perusahaan untuk mencapai tujuannya. Singkatnya, HRBP berperan dalam mengatur dan menyelaraskan setiap strategi SDM untuk mendukung pertumbuhan kinerja perusahaan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Perencanaan SDM untuk Merealisasikan Visi Perusahaan

Oleh karena tanggung jawabnya yang tinggi, orang yang ditunjuk sebagai HRBP biasanya sudah berpengalaman dan memiliki skill yang mumpuni. Tidak cukup bagi perusahaan untuk memiliki divisi HR saja karena mereka lebih fokus pada tugas jangka pendek. HRBP diperlukan karena mempunyai tanggung jawab dalam jangka panjang dan berkontribusi dalam membentuk nilai perusahaan.

Apa Peran HRBP dalam Sebuah Perusahaan?

HR business partner merupakan posisi yang sangat penting dalam perusahaan sehingga peran yang dimainkan begitu spesifik. Peran HRBP dalam sebuah perusahaan bisa dikatakan sebagai pilar untuk menyukseskan tujuan. Seperti apa peran HRBP dalam sebuah perusahaan. Mari kita bahas satu per satu di bawah ini. 

1. Pengendalian Strategis Terhadap Proses SDM

HRBP berperan dalam merencanakan dan menginisiasi proses perekrutan sehingga menghindari terjadinya kesulitan dalam menemukan tenaga kerja yang profesional. Mereka juga mengelola retensi karyawan agar tetap bertahan di sebuah perusahaan. HRBP berupaya untuk mempertahankan karyawan terbaik dengan beberapa strategi dan dukungan data agar setiap kebijakan berperan untuk mendukung sumber daya yang dimiliki.

2. Melakukan Pengembangan dan Pembinaan Staf

HRBP juga membantu seluruh karyawan dalam mendapatkan pelatihan dan pengembangan yang tepat. Mereka bertindak sebagai inisiator yang berusaha untuk memastikan kemajuan perusahaan bisa tercapai dengan kehadiran karyawan yang terampil dan memadai dalam menjalankan peran atau fungsinya. Karyawan juga akan memahami bahwa tenaga, pikiran, dan kontribusinya sangat bermanfaat dan dihargai oleh perusahaan.

Baca Juga: Dari Pelatihan hingga Penghargaan, Berikut 11 Cara Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Bisnis Kamu

3. Menjalankan Kolaborasi dengan Manajemen Eksekutif

HRBP berperan sebagai jembatan setiap unit kerja yang terdapat di dalam perusahaan. Artinya, karyawan mampu berkolaborasi dengan tim manajemen dalam melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan efektivitas perusahaan.

4. Mengontrol Proses Perubahan

Perubahan dalam perusahaan selalu ada dan terus meningkat. Salah satu perubahan terkait SDM adalah transformasi karyawan dengan tenaga kerja digital. HRBP harus mampu mengontrol perubahan tersebut dengan bijak. Mereka berupaya mengubah struktur kerja agar lebih dinamis dan tidak terjadi keterlambatan dalam merespons perubahan.

5. Branding Perusahaan

Bukan hanya karyawan internal, HRBP juga berperan di luar perusahaan. Mereka mengomunikasikan budaya atau branding perusahaan kepada masyarakat, khususnya para pencari kerja. Masyarakat akan memiliki gambaran jelas mengenai cara kerja perusahaan, perilaku karyawan, dan hal lainnya yang berkaitan dengan SDM. Citra positif yang dibangun akan membuat pencari kerja tertarik untuk melamar di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Apa itu Employer Branding serta Manfaat dan Cara Melakukannya

Apa Fungsi HRBP dalam Perusahaan?

Kamu sudah memahami peran yang dijalani oleh HR business partner. Sekarang, mari kita pahami fungsi HR business partner dalam sebuah perusahaan, yaitu:

  • Melaksanakan rapat rutin yang melibatkan seluruh karyawan dari unit kerja yang berbeda.
  • Mengatur waktu untuk sesi konsultasi bersama manajemen dan menyediakan panduan SDM jika diperlukan.
  • Mengkaji setiap tren serta metrik yang ada dalam relasi dengan unit HR agar bisa mengelaborasi solusi, serta program, dan kebijakan.
  • Hadir sebagai mediator untuk menyelesaikan sebuah permasalahan antara karyawan dengan melakukan eksplorasi dan penyelesaian masalah secara objektif.
  • Menerapkan pengelolaan karyawan serta memastikan kepatuhan terhadap hukum ketenagakerjaan yang berlaku.
  • Memandu manajemen perihal efektivitas kinerja, pembinaan, pengembangan karir, dan kedisiplinan karyawan.
  • Berkolaborasi dengan manajemen untuk meningkatkan relasi kerja yang dinamis, meningkatkan produktivitas, dan retensi karyawan.
  • Menyediakan panduan serta eksposisi yang memadai terkait kebijakan SDM.
  • Mengelaborasi kualifikasi dari kontrak karyawan baru dan syarat untuk mendapatkan promosi.
  • Memberikan petunjuk dan pertimbangan terkait penataan unit kerja, melakukan perencanaan tenaga kerja, serta perencanaan penggantian karyawan.
  • Melakukan identifikasi kebutuhan pelatihan pada setiap unit kerja dan melaksanakan pembinaan terhadap individu.
  • Peran serta dalam mengevaluasi dan memantau dan memastikan keberhasilan dari program pelatihan. Menindaklanjuti tujuan program tersebut telah terpenuhi.
  • Menjalankan tugas-tugas terkait lainnya yang sudah didelegasikan.

Bagaimana HRBP Dapat Memberikan Manfaat untuk Perusahaan Saya?

HR business partner secara nyata membawa kesuksesan terhadap perusahaan. Mereka aktif dalam memberikan masukan, membangun hubungan, dan memastikan sumber daya selaras dengan tujuan perusahaan. Secara keseluruhan HRBP telah membantu mewujudkan masa depan yang cemerlang bagi perusahaan. Dalam daftar berikut ini, kamu bisa mengetahui manfaat HRBP dalam perusahaan.

1. Mempererat Budaya Perusahaan dan Pengalaman Karyawan

HR business partner selalu berupaya untuk menghadirkan pengalaman positif dari setiap karyawan yang ada dalam perusahaan. Hal ini juga membuat perusahaan terhindar dari lingkungan kerja yang buruk sehingga mengganggu efektivitas kerja serta menurunkan produktivitas. Pengalaman yang positif yang dihadirkan tidak lepas dari sejumlah program dan penghargaan dari perusahaan atas kontribusi karyawan mereka.

Baca Juga: 8 Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan

2. Menjadi Proaktif dan Reaktif

HR business partner bekerja secara secara proaktif dalam memberikan pelatihan tepat untuk memandu tim memahami usaha yang lebih baik dalam melalui masalah-masalah liabel atau sensitif. Setiap individu diberikan pengetahuan memadai untuk tidak melakukan diskriminasi, pelecehan, dan tindakan indisipliner lainnya. Semua ini dipaparkan agar lingkungan perusahaan menjadi lebih sehat dan karyawan merasa aman dan nyaman.

3. Menjaga Kepatuhan Perusahaan terhadap Peraturan Ketenagakerjaan

Terakhir, HRBP bermanfaat agar setiap kebijakan terkait SDM yang dibuat sudah sesuai dengan peraturan yang ada. Setiap hak karyawan seperti jatah cuti dan gaji disepakati berdasarkan peraturan yang berlaku. Tidak hanya itu, mereka juga bisa menyampaikan peraturan perusahaan kepada karyawan agar tercipta transparansi.

Baca Juga: Aturan Cuti Karyawan Berdasarkan Undang-Undang serta Jenis-Jenisnya

Kesimpulannya, HR business partner adalah peran yang penting dalam perusahaan kamu. Mereka bekerja secara proaktif untuk mendorong pertumbuhan perusahaan kamu ke arah kesuksesan.

Sudahkah kamu memiliki seorang HRBP di perusahaanmu? Jangan khawatir jika belum, karena ada RecruitFirst yang siap berperan sebagai HRBP untuk kamu. Salah satu jasa yang kami sediakan adalah jasa outsourcing untuk merekrut kandidat terbaik yang sesuai dengan nilai perusahaan. Tertarik untuk menggunakan jasa kami? Hubungi sekarang juga dan capai tujuan serta kesuksesan bersama RecruitFirst.

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.