Career Development: Definisi, Cara Kerja, dan Mengapa Hal Ini Penting dalam Perusahaan

Recruit First
Pengembangan Organisasi
20 Jul 2023
Career Development: Definisi, Cara Kerja, dan Mengapa Hal Ini Penting dalam Perusahaan

Sebagai Human Resources, kalian pasti paham kalau career development adalah kebutuhan banyak talenta di perusahaan. Bagaimana tidak, talenta muda masa kini lebih mencari pengalaman di bidang karirnya.

Namun, mengadakan program career development tidak semata-mata memberikan kepuasan kerja pada talenta kamu. Lebih dari itu, program career development justru memberikan manfaat jangka panjang bagi perusahaan kamu.

Tertarik untuk mengadakan program career development di perusahaan kamu? Yuk, kenali dulu tentang career development serta cara menerapkannya lewat bacaan menarik di bawah ini.

Mengenal Career Development

Jadi, apa itu career development? Career development adalah program yang diadakan oleh perusahaan untuk membantu talenta mereka dalam mencapai tujuan karir yang diinginkan. Career development tidak terbatas tentang promosi atau kenaikan jabatan, tetapi juga memberikan kesempatan bagi talenta untuk pertumbuhan pribadi dan profesional. Dalam prosesnya, talenta diberdayakan untuk mengenali minat, keahlian, dan passion mereka sehingga bisa mengambil peran yang sesuai di dalam organisasi.

Alasan Perusahaan Perlu Menerapkan Pengembangan Karir

Kenapa, sih, perusahaan harus mengadakan program career development? Alasannya, career development memberikan banyak manfaat di bawah ini:

1. Talenta Mengenali Minatnya

Ketika talenta memiliki kesempatan untuk mengenal dirinya lebih baik, mereka akan lebih mudah menemukan minat yang sesuai dengan tujuan karirnya. Mereka pun akan lebih termotivasi untuk mencapainya dengan segala potensi yang dimiliki setelah mengetahui tujuan karirnya.

2. Peningkatan Kesejahteraan Talenta

Ketika perusahaan memberikan perhatian pada pengembangan karir talenta, mereka akan merasa dihargai dan diakui atas kontribusi mereka. Kesejahteraan talenta secara keseluruhan pun meningkat sehingga mereka merasa lebih bahagia dalam bekerja.

3. Pengembangan Relasi

Pengembangan karir juga membuka pintu bagi talenta untuk memperluas jaringan relasi. Semakin banyak relasi yang kamu miliki, semakin besar juga peluang untuk bertumbuh dalam karir, bahkan mendapatkan peluang baru.

4. Peningkatan Partisipasi Talenta

Talenta merasa lebih termotivasi kalau mereka merasa diberdayakan dan diakui atas kontribusi yang diberikan. Nah, program career development berguna dalam memotivasi talenta agar lebih aktif berpartisipasi dalam upaya mencapai tujuan perusahaan.

5. Peningkatan Motivasi Kerja

Ketika talenta melihat jalan atau path yang jelas untuk pengembangan karir, mereka akan lebih termotivasi untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaan mereka. Motivasi ini akan berdampak positif pada peningkatan kualitas hasil kerja dan produktivitas secara keseluruhan.

Baca Juga: 8 Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan

Cara Perusahaan Bisa Menerapkan Program Pengembangan Karir Bagi Talentanya

Setelah mengenal betapa pentingnya career development, kamu pasti ingin mengetahui bagaimana perusahaan bisa menerapkannya? Cobalah menerapkan beberapa cara di bawah ini:

1. Kenali Minat Pribadi Talenta dalam Tujuan Karirnya

Selain mengenali tujuan karir talenta, kamu juga perlu memahami tujuan pribadi yang ingin mereka capai. Ajak talenta untuk berdiskusi supaya mereka bisa menyampaikan minat dan keinginannya terkait karir yang ingin dikejar. Dari langkah ini, kamu bisa memberikan dukungan dan peluang yang tepat bagi talentamu.

2. Adakan Program Pelatihan dan Pengembangan

Program pelatihan dan pengembangan (training and development) bisa menjadi langkah ampuh dalam membantu talenta meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya. Kamu dapat mengadakan pelatihan internal atau mengirim talenta untuk mengikuti pelatihan eksternal sesuai dengan kebutuhan dan tujuan karir yang ingin mereka capai.

Baca Juga: Dari Pelatihan hingga Penghargaan, Berikut 11 Cara Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Bisnis Kamu

3. Adakan Mentoring

Tidak sedikit talenta yang ingin sulit menemukan mentornya di tempat kerja. Kamu bisa memfasilitasi kegiatan mentoring di perusahaan kamu. Mentoring adalah salah satu cara  terbaik karena talenta bisa belajar dan mendapatkan pengetahuan serta insight dari orang yang lebih berpengalaman. Berkat kehadiran mentor, talenta pun bisa mendapatkan panduan dan masukan yang berharga untuk mengembangkan karir mereka serta menerapkannya.

Baca Juga: Perbedaan Coaching dan Mentoring, Simak Penjelasannya

4. Cobalah Rotasi Pekerjaan

Berikan kesempatan kepada talenta untuk merasakan peran yang bervariasi di dalam perusahaan kamu. Tips ini bisa memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang berbagai bidang kepada mereka serta memperluas wawasan mereka. Rotasi pekerjaan juga bisa membantu talenta dalam menemukan minat yang baru dan menemukan potensi tersembunyi.

5. Tetaplah Mendukung Work-Life Balance

Perusahaan yang peduli dengan work-life balance talenta cenderung menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif. Tips ini  bisa diterapkan dengan memberikan fleksibilitas dalam jadwal kerja, dukungan untuk cuti, dan kebijakan lainnya yang mendukung work-life balance. Talenta akan merasa dihargai dan lebih termotivasi dalam bekerja sehingga peluang untuk career development kian meningkat.

6. Rencanakan Gambaran Besar

Perusahaan harus memiliki visi jangka panjang dan memiliki rencana jalur karir (career path) yang jelas bagi talenta. Mereka akan memiliki tujuan yang bisa dikejar kalau sudah paham dengan career path atau gambaran jenjang karir yang ada di perusahaan.

7. Rencanakan Program Regenerasi

Selain fokus pada pengembangan karir talenta yang ada, kamu juga perlu merencanakan program regenerasi untuk mempersiapkan talenta baru yang akan mengisi key positions pada masa depan. Kamu pun bisa menjaga kelangsungan bisnis serta mendorong pertumbuhan talenta secara berkelanjutan. Talenta pun lebih bersemangat dalam mengembangkan karirnya jika kamu menerapkan tips ini.

Faktor yang Memengaruhi Pengembangan Karir Talenta

Pengembangan karir talenta dipengaruhi oleh beberapa faktor. Biar karir mereka tidak selalu stagnan, perhatikanlah beberapa faktor pengembangan karir talenta di bawah ini.

1. Performa

Performa yang baik merupakan faktor kunci dalam pengembangan karir. Talenta yang konsisten memberikan hasil yang memuaskan berpeluang mendapatkan kesempatan career development yang lebih besar.

2. Reputasi Perusahaan

Reputasi perusahaan juga memainkan peran penting dalam career development Perusahaan dengan reputasi yang baik terlihat lebih menarik di mana talenta potensial serta memberikan dampak positif pada kesempatan pengembangan yang tersedia.

3. Reputasi Talenta

Tidak hanya reputasi perusahaan, reputasi talenta juga dapat memengaruhi pengembangan karir mereka. Talenta yang memiliki rekam jejak yang baik dan dikenal sebagai ahli di bidangnya berpeluang mendapatkan pengembangan karir yang lebih besar.

4. Networking

Jaringan relasi atau networking yang luas dapat membuka pintu peluang karir yang baru. Talenta yang aktif dalam membangun dan memperluas jaringan relasi akan lebih mudah menemukan peluang pengembangan yang relevan.

5. Mentor atau Pelatih

Mentor atau pelatih yang baik dapat memberikan panduan dan dukungan yang berharga dalam pengembangan karir. Talenta yang memiliki akses ke mentor atau pelatih yang berkualitas berpeluang memiliki keuntungan dalam mencapai tujuan karir mereka.

6. Kualifikasi Pendidikan dan Kemampuan

Kualifikasi pendidikan dan kemampuan yang relevan dengan pekerjaan juga berperan penting dalam pengembangan karir. Talenta dengan kualifikasi yang baik dan kemampuan yang mumpuni akan lebih mungkin mendapatkan peluang pengembangan yang lebih baik.

7. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja juga merupakan faktor yang signifikan dalam pengembangan karir. Talenta yang memiliki pengalaman kerja yang beragam dan relevan akan memiliki keunggulan dalam memperoleh peluang pengembangan yang lebih besar.

Singkatnya, career development adalah langkah penting yang harus kamu tempuh dalam mengembangkan talenta kamu. Bukan hanya talenta yang mendapatkan keuntungan dari pengembangan karir, tetapi juga produktivitas perusahaanmu. Dengan talenta yang tepat serta program carreer development yang tepat, baik talent dan perusahaan akan sama-sama mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk menemukan talenta yang tepat, gunakan layanan talent acquisition dari RecruitFirst. Sebagai perusahaan outsourcing dengan segudang pengalaman, RecruitFirst dapat menemukan talenta yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tunggu apa lagi? Hubungi kami untuk segera menemukan talenta terbaik berikutnya bagi perusahaanmu!

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.