Mengenal Campus Hiring dan Manfaatnya bagi Perusahaan dalam Mencari Talenta

RecruitFirst
Strategi Rekrutmen
30 Dec 2023
Mengenal Campus Hiring dan Manfaatnya bagi Perusahaan dalam Mencari Talenta

Sedang mencari talenta yang berstatus fresh graduates tapi siap bekerja? Kamu bisa mengadakan campus hiring dan bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi. Campus hiring adalah metode yang lebih efektif karena kamu bisa terhubung dengan mahasiswa sebelum mereka lulus.

Apa itu campus hiring? Bagaimana strategi yang tepat untuk melaksanakan campus hiring agar sukses? Baca terus artikelnya sampai selesai!

Pengertian Campus Hiring

Campus hiring adalah strategi rekrutmen di mana perusahaan bekerja sama dengan universitas atau perguruan tinggi untuk merekrut mahasiswa atau alumni yang cocok dengan posisi yang ada di perusahaan. 

Campus hiring biasanya sudah dimulai ketika mahasiswa masih berada di kampus sehingga perusahaan sudah lebih dulu memiliki akses terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) sebelum mereka lulus. Campus hiring tidak hanya berbicara mengenai perekrutan individu, tapi juga membangun hubungan jangka panjang antara perusahaan dan perguruan tinggi.

Metode ini membuka pintu bagi kamu untuk melibatkan mahasiswa atau gen z sejak dini sehingga kamu dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, kemudian merekrut mereka setelah lulus. Proses ini memberikan manfaat besar baik bagi perusahaan maupun mahasiswa yang terlibat.

Tujuan dari campus hiring adalah merekrut kandidat terbaik yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, campus hiring juga dapat membantu perusahaan dalam membangun hubungan dengan universitas serta meningkatkan brand awareness perusahaan di kalangan mahasiswa.

Keuntungan Campus Hiring

Campus hiring memberikan manfaat bagi perusahaan. Apa saja? Mari kita bahas di bawah ini!

1. Mengurangi Biaya Rekrutmen

Campus hiring dapat mengurangi biaya proses rekrutmen secara signifikan. Dibandingkan dengan metode tradisional yang mengharuskan pengeluaran untuk iklan job posting, proses seleksi, dan wawancara, kamu bisa bekerja sama langsung dengan perguruan tinggi dan mengakses talenta mahasiswa tanpa harus menggunakan biaya iklan atau perantara. Campus hiring juga membuat proses seleksi lebih efisien karena kamu bisa langsung mengidentifikasi kandidat yang cocok dengan cepat.

2. Kualitas Karyawan yang Lebih Baik

Campus hiring membuka pintu bagi kamu untuk berinteraksi dengan calon karyawan potensial sebelum mereka lulus. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengamati keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang mereka anut secara langsung. Dari sini, kamu bisa memastikan jika kandidat yang direkrut benar-benar sesuai dengan budaya dan nilai-nilai perusahaan. Selain itu, kamu juga bisa memberikan pelatihan, bimbingan, dan pengalaman kepada mahasiswa selama mereka masih menyelesaikan studinya.

3. Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi

Hal terbaik dari bekerja sama dengan universitas adalah kamu bisa berada di garis depan dalam mengikuti tren dan perkembangan terbaru di dunia pendidikan. Mahasiswa selalu terpapar dengan pengetahuan dan pelatihan terkini. Ketika merekrut mahasiswa, kamu mendapatkan talenta yang telah mendapatkan pelatihan terbaru dan memiliki pengetahuan yang relevan. Karyawan yang diperoleh melalui campus hiring pun lebih mampu berinovasi dan memberikan solusi yang kreatif karena mereka memiliki pengetahuan terbaru.

4. Diversifikasi Bakat

Mahasiswa datang dari berbagai latar belakang, budaya, dan jurusan. Campus hiring memberikan peluang untuk menciptakan tim yang lebih beragam baik secara kultural maupun kompetensi. Tentu hal ini menguntungkan, apalagi dunia bisnis masa kini dipenuhi oleh orang dari berbagai kultur yang bervariasi. Tim yang beragam memiliki pandangan yang berbeda sehingga kamu bisa mendapatkan ide unik dan mampu memecahkan masalah dengan cara yang lebih kreatif. Perusahaan pun bisa memahami kondisi pasar yang beragam sehingga melayani pelanggan dengan lebih baik.

5. Meningkatkan Brand Awareness Perusahaan

Manfaat lainnya yang jarang disadari adalah meningkatnya brand awareness perusahaan. Mahasiswa mulai mengenali perusahaan kamu dan menganggapnya sebagai tempat yang peduli terhadap pengembangan karir mereka. Peluang ini bisa menciptakan citra perusahaan yang baik. Saat alumni melihat perusahaanmu sebagai tempat yang bagus, mereka lebih tertarik untuk bergabung setelah lulus.

Perbedaan Campus Hiring dengan Metode Rekrutmen Lainnya

Lantas, apa yang membedakan campus hiring dengan metode rekrutmen lainnya? Kita lihat penjelasan di bawah ini.

1. Perbedaan Campus Hiring dengan Job Fair

Job fair melibatkan banyak perusahaan yang bertujuan untuk mencari kandidat. Job fair merupakan pendekatan transaksional karena perusahaan hanya datang untuk mencari talenta, kemudian pergi setelah event berakhir.

Di sisi lain, campus hiring merupakan kerja sama yang dibangun dalam jangka panjang dengan perguruan tinggi. Kamu bisa mengadakan campus hiring ketika talenta masih berkuliah dan terus berlanjut sampai mereka lulus. Alhasil, kamu bisa membangun hubungan yang lebih dalam dengan kampus incaran sekaligus membantu mahasiswa yang ingin direkrut supaya mereka bisa berkembang.

2. Perbedaan Campus Hiring dengan Online Job Posting

Saat kamu melakukan online job posting, kamu memasang iklan lowongan kerja di berbagai platform, kemudian menunggu talenta untuk melamar di iklan tersebut. Pendekatan ini dianggap pasif karena perusahaan tidak secara aktif terlibat dalam pengembangan kandidat. Campus hiring melibatkan perusahaan secara aktif dalam pengembangan dan seleksi kandidat. Kamu tidak menunggu talenta datang, tetapi juga secara proaktif terlibat dalam pendidikan dan pelatihan kandidat.

3. Perbedaan Campus Hiring dengan Headhunting

Headhunting adalah praktik merekrut karyawan berpengalaman dari perusahaan lain. Fokusnya adalah profesional yang telah memiliki pengalaman kerja yang signifikan. Sementara itu, campus hiring berfokus pada mahasiswa dan fresh graduates yang masih dalam proses pembelajaran. Mereka mungkin belum memiliki pengalaman kerja, tetapi mempunyai potensi besar. Lewat campus hiring, kamu bisa membentuk talenta sejak dini dan mengarahkannya agar bekerja sesuai kebutuhanmu.

Tips untuk Sukses dalam Campus Hiring

Lantas, bagaimana cara mengadakan program campus hiring yang sukses? Lakukan saja tips di bawah ini!

1. Menentukan Universitas yang Tepat

Pilih universitas atau perguruan tinggi yang memiliki program dan jurusan yang sesuai kebutuhan perusahaanmu. Misalnya, jika kamu sedang mencari talenta untuk mengisi posisi engineering, sasaran kampusmu bisa berupa institut teknik. Pastikan juga universitas yang kamu pilih memiliki reputasi yang baik dalam menghasilkan lulusan berkualitas karena mereka cenderung memiliki keterampilan dan pengetahuan yang lebih baik.

2. Membangun Hubungan dengan Pihak Fakultas dan Mahasiswa

Setelah memilih universitas yang tepat, jalin hubungan yang kuat dengan pihak fakultas dan mahasiswa di universitas tersebut. Dari sini, kamu bisa mengidentifikasi bakat potensial dengan mudah. Staf universitas biasanya memiliki wawasan tentang mahasiswa yang menonjol di kampus mereka. Mereka juga bisa membantumu dalam mengadakan acara dan kegiatan yang terkait dengan campus hiring. Ajak karyawan untuk berbagi wawasan dan pengalaman dengan mahasiswa supaya mereka bisa memahami budaya dan nilai-nilai perusahaan.

3. Menghadirkan Program Magang atau Job Training

Magang dan job training adalah kesempatan bagi mahasiswa untuk memahami budaya perusahaan dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan. Program ini juga dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk beradaptasi jika mereka nantinya direkrut sebagai karyawan tetap. Rancang program ini sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan perkembangan mahasiswa agar memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

4. Menawarkan Paket Kompensasi yang Menarik

Agar campus hiring berhasil, kamu juga bisa memastikan jika paket kompensasi yang ditawarkan menarik di mata mahasiswa. Selain gaji kompetitif dan tunjangan menarik, kamu bisa menawarkan manfaat lainnya yang membuat mahasiswa tertarik untuk melamar. Mahasiswa akan melihat nilai dari kompensasi tersebut ketika bergabung dengan perusahaanmu. Untuk menyusun paket kompensasi yang menarik, pahami kebutuhan mahasiswa, seperti tunjangan kesehatan, peluang pengembangan karir, atau insentif khusus yang mereka anggap bernilai.

5. Berikan Dukungan Selama Masa Studi

Dukungan yang diberikan bisa berupa mentoring, coaching, bimbingan karir, atau program pengembangan khusus. Dukungan ini membuat mahasiswa merasa didukung dan diperhatikan oleh perusahaan. Mereka merasa lebih termotivasi untuk berhasil dalam studi, dan pada akhirnya, tertarik untuk bergabung di perusahaanmu.

Singkatnya, campus hiring adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang mencari talenta muda untuk perusahaanmu. Mahasiswa yang direkrut melalui campus hiring bisa ditempatkan pada posisi sesuai dengan bidang dan keahlian yang mereka kuasai.

Bagaimana jika kamu sedang mencari talenta untuk mengisi posisi pimpinan atau eksekutif? Serahkan saja tugas ini melalui layanan Executive Search dari RecruitFirst. Ceritakan mengenai kebutuhanmu dan kami akan mencari talenta yang siap mengisi posisi strategis di perusahaanmu. Hubungi kami sekarang juga dan dapatkan pengalaman terbaik merekrut kandidat eksekutif bersama RecruitFirst!

Pertanyaan Umum tentang Campus Hiring

Apakah metode campus hiring efektif?

Metode campus hiring adalah metode rekrutmen yang efektif untuk posisi-posisi yang membutuhkan fresh graduate. Metode ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses rekrutmen, meningkatkan kualitas kandidat, dan membangun hubungan jangka panjang dengan institusi pendidikan. 

Mahasiswa seperti apa yang harus perusahaan cari dalam campus hiring?

Mahasiswa yang harus perusahaan cari dalam campus hiring adalah mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik, keterampilan non-akademik, motivasi, dan antusiasme yang tinggi, serta kompatibilitas dengan budaya perusahaan.

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.