Apa itu Remote Job dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Recruit First
Pengembangan Organisasi
24 Jul 2023
Apa itu Remote Job dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Kamu pasti sudah sering mendengar apa itu remote job, terutama pada era serba digital seperti sekarang ini. Model kerja ini makin populer karena membawa keuntungan tersendiri bagi perusahaan maupun karyawan yang direkrutnya. 

Bagi perusahaan, remote working bisa menghemat biaya dari berbagai aspek, mulai dari penggunaan alat tulis dan fasilitas kantor seperti listrik dan internet. Tidak hanya itu, remote working juga bisa menghemat penggunaan area atau space kantor sehingga lebih fleksibel, misalnya menerapkan model open desk atau hot desk system. Sedangkan bagi karyawan, remote working menguntungkan karena memberikan fleksibilitas.

Walaupun sudah populer, tidak sedikit perusahaan maupun karyawan yang masih kesulitan dalam mengimplementasikan metode remote job dengan efektif.

Lalu, bagaimana cara menerapkan remote job yang tepat dan harus dilakukan oleh perusahaan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Remote Job

Remote job adalah model kerja yang memungkinkan karyawan untuk bekerja dari lokasi yang berbeda dengan perusahaan tempatnya bekerja. Ketika menerapkan remote job, karyawan tidak harus hadir secara fisik di kantor. Malahan segala bentuk interaksi dan koordinasi pekerjaan dilakukan melalui sarana komunikasi seperti telepon, email, video call, dan alat kolaborasi online lainnya.

Berkat kemajuan teknologi, model kerja remote job mulai meluas dan diterapkan di berbagai perusahaan sampai saat ini. Karyawan bisa bekerja secara efisien dari jarak jauh tanpa harus berada di lokasi yang bersamaan, baik di kantor maupun di luar kantor. Intinya, anggota tim harus mempunyai koneksi internet yang stabil agar remote working bisa berjalan dengan lancar.

Kelebihan Job Remote dari Sisi Karyawan

Banyak karyawan lebih menyukai sistem kerja job remote. Mengapa? Dari sisi karyawan, remote job memberikan kelebihan berikut ini:

1. Menghemat Waktu Perjalanan

Bekerja secara remote membuat karyawan bisa mengatur waktu kerja mereka sendiri. Mereka juga lebih bisa menghemat waktu perjalanan ke kantor, apalagi yang lokasi kantornya di daerah yang cukup jauh. Mereka pun dapat mengurangi waktu yang biasanya dihabiskan untuk menghadiri rapat dan pertemuan karena mereka bisa melakukannya secara online.

2. Menghemat Biaya Transportasi

Selain waktu, biaya transportasi juga menjadi pertimbangan besar bagi karyawan dalam bekerja. Apabila menerapkan sistem kerja remote, karyawan bisa menghemat biaya tersebut. Mereka juga bisa mengalihkan biaya tersebut untuk keperluan lainnya yang lebih penting atau mendesak, termasuk menabung untuk kebutuhan mereka sendiri. Nah, bagi karyawan yang sudah menikah dan menjadi orang tua, bekerja remote juga mengurangi biaya pengasuh untuk anaknya.

3. Suasana Ruang Kerja yang Tenang

Dalam remote job, karyawan bisa menciptakan suasana kerja yang tenang dan sesuai dengan preferensi pribadinya. Mereka bisa mengatur ruang kerja di rumah mereka atau mencari tempat seperti kafe atau perpustakaan yang menawarkan lingkungan yang tenang untuk bekerja. Suasana yang tenang membuat karyawan lebih fokus dalam pekerjaannya sehingga efisiensi dan kualitas kerja meningkat. Rasa stres akibat gangguan di kantor juga bisa dikurangi.

4. Fleksibilitas dalam Bekerja

Remote job memberikan fleksibilitas lokasi bagi karyawan. Mereka bisa bekerja dari mana saja, asalkan masih terhubung melalui koneksi internet yang stabil. Karyawan juga memiliki kebebasan untuk bepergian, menjalankan aktivitas pribadi, atau bahkan tinggal di lokasi yang jauh dari kantor.

5. Mencapai Work-Life Balance

Oleh karena fleksibilitas yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, karyawan bisa mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadinya. Karyawan bisa mengatur jadwal kerja yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Artinya, mereka mempunyai kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, melakukan hobi yang disukai, atau mengerjakan tanggung jawab pribadi lainnya. Keseimbangan work-life balance yang baik membuat karyawan lebih puas dan bahagia sehingga kinerja mereka ikut meningkat.

Kelebihan Job Remote dari Sisi Perusahaan

Bukan hanya karyawan, ternyata perusahaan pun diuntungkan dengan menerapkan sistem kerja remote. Apa saja kelebihannya?

1. Biaya ATK dan Peralatan Kantor Lebih Efisien

Menerapkan job remote dapat membantu perusahaan dalam melakukan efisiensi biaya Alat Tulis Kantor (ATK) dan peralatan kerja. Contohnya, kamu bisa menghemat biaya pengadaan komputer untuk digunakan oleh karyawannya, karena mereka bisa menggunakan laptop sendiri saat bekerja. Kamu juga bisa menghemat biaya perawatan untuk peralatan kantor tersebut.

2. Peluang Mendapatkan Karyawan Terbaik

Sistem kerja job remote juga berpeluang untuk mendapatkan karyawan terbaik ketika merekrut tenaga kerja. Alasannya, kamu bisa mendapatkan tenaga kerja dari mana pun tanpa memandang batas lokasi. Bisa jadi karyawan terbaik yang kamu cari berada di luar kota dan mereka tertarik bekerja di perusahaanmu jika kamu menerapkan sistem remote working.

3. Berkurangnya Jumlah Ketidakhadiran Karyawan

Angka absensi karyawan yang tinggi tentu menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan. Angka ketidakhadiran tersebut bisa saja disebabkan karena kondisi karyawan yang kurang fit akibat terlalu sering melakukan perjalanan jauh dari tempat tinggal ke kantornya. 

Job remote bisa memberikan manfaat dalam pengurangan jumlah ketidakhadiran karyawan yang bekerja di kantor. Karyawan bisa memiliki waktu istirahat yang cukup daripada berangkat terlalu awal ke kantor. Mereka juga bisa lebih efektif dalam menyelesaikan pekerjaan yang diambil.

4. Efisiensi dalam Kompensasi

Merekrut remote worker juga memberikan manfaat dalam hal kompensasi. Kamu bisa menyesuaikan tunjangan yang diberikan sehingga pemberian kompensasi menjadi lebih efisien. Contohnya, kamu tidak perlu memberikan tunjangan makan dan transportasi, tetapi mengalihkannya ke tunjangan internet dan perawatan komputer.

Baca Juga: Mengenal 6 Jenis-jenis Kompensasi untuk Memotivasi Karyawan

5. Kesehatan Mental Karyawan Meningkat

Remote worker memiliki tingkat stres yang lebih rendah dibandingkan karyawan yang bekerja secara langsung di kantor. Stres dapat menyebabkan gangguan kecemasan dan depresi yang berpengaruh pada produktivitas karyawan dalam bekerja. Tidak hanya itu, komunikasi karyawan dengan koleganya bisa terganggu. 

Maka dari itu, menerapkan remote working dapat meningkatkan kesehatan mental karyawan. Mereka akan lebih fleksibel serta tidak mengalami tekanan dalam bekerja sehingga kesehatan mental mereka tetap terjaga.

Cara Menerapkan Remote Working dengan Efektif bagi Perusahaan

Berkaca dari manfaat yang telah dibahas di atas, tentu kamu ingin menerapkan remote working. Namun, remote working memiliki tantangannya tersendiri, seperti masalah tanggung jawab karyawan atau penyelesaian pekerjaan yang kurang mencapai tenggat waktu.

Cobalah menerapkan tips remote working yang efektif di bawah ini.

1. Pasang Target yang Jelas

Pastikan kamu memberikan target kerja yang jelas untuk karyawan yang bekerja secara remote. Target tersebut harus mengikuti konsep SMART, yaitu Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Timely. Tetapkan tenggat waktu dalam target tersebut dan pastikan targetnya bisa diukur agar kamu bisa mengevaluasi kinerja anggota tim kamu.

Baca Juga: Apa itu OKR dan Manfaatnya bagi Kinerja Perusahaan

2. Tetap Menjaga Komunikasi

Remote working menuntut komunikasi yang intens antara atasan dengan anggota tim. Manfaatkan teknologi digital untuk menjaga komunikasi antar anggota tim agar pekerjaan tetap terlaksana dan tujuan bisa tercapai. 

Komunikasi ini mencakup brief pekerjaan setiap hari, koordinasi, rapat, dan evaluasi anggota tim. Berikan juga waktu bagi anggota tim untuk menyampaikan masalah yang dialami selama bekerja remote sehingga kamu bisa memberikan solusi yang tepat sasaran. Langkah ini berguna dalam menjaga efektivitas kerja serta melakukan evaluasi jika diperlukan.

Baca Juga: 10 Langkah Membangun Komunikasi yang Baik di Tempat Kerja

3. Jadwalkan Pertemuan secara Offline

Agar engagement antar-karyawan tetap terjaga, adakanlah pertemuan secara tatap muka alias offline. Kamu bisa menjadwalkan pertemuan rutin yang diadakan setiap minggu atau bulannya. Pertemuan ini tidak harus membahas kerjaan, tetapi juga mengadakan games untuk mempererat hubungan antar anggota tim.

4. Gunakan Software Pendukung Remote Working

Sudah banyak teknologi dan software yang mendukung remote working. Pilihlah software remote working yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan anggota tim. Contohnya, Zoom untuk mengadakan conference call, Trello untuk manajemen tugas, aplikasi time-tracking, dan sebagainya.

Jadi, apa itu remote job? Singkatnya, remote job adalah sistem kerja yang bisa dilakukan oleh karyawan tanpa harus hadir secara fisik di kantor, tetapi tetap menjaga komunikasinya. Dalam melakukan remote job, dibutuhkan karyawan yang tidak hanya memiliki hard skill yang bagus, tapi juga soft skill seperti manajemen waktu dan komunikasi.

Proses perekrutan remote worker tentu memakan waktu yang cukup lama karena kamu harus melakukan seleksi yang lebih ketat. Tidak jarang pekerjaan HR lainnya pun terganggu karena lebih fokus pada rangkaian proses rekrutmen. Solusinya, kamu bisa menggunakan layanan talent acquisition dari RecruitFirst. Sebagai perusahaan alihdaya dengan segudang pengalaman, kami siap membantumu dalam pencarian kandidat dan proses wawancara sampai kamu menemukan remote worker yang siap bekerja denganmu. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan mulailah bekerja sama dengan RecruitFirst dalam mencari kandidat terbaik untuk perusahaanmu!

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.