Dalam membangun sebuah bisnis atau perusahaan, kamu perlu membuat corporate value atau nilai perusahaan. Apa itu corporate value? Singkatnya, corporate value merupakan nilai-nilai yang harus diterapkan oleh masing-masing individu di perusahaan dalam mengerjakan pekerjaan mereka sehari-hari.
Tidak hanya pekerjaan saja, tapi juga dalam bersosialisasi antar karyawan dan dalam kehidupan mereka masing-masing. Maka dari itulah kamu membutuhkan corporate value untuk diterapkan ke dalam setiap individu yang bekerja di perusahaan kamu.
Melalui artikel ini, kamu akan mempelajari lebih dalam mengenai corporate value mulai dari pengertiannya hingga cara membuat corporate value yang baik. Yuk, simak langsung informasinya dan jangan sampai ketinggalan, ya.
Corporate value adalah nilai-nilai seperti filosofi atau prinsip yang ada di dalam perusahaan dan digunakan untuk menggerakkan bisnis tersebut. Layaknya manusia, corporate value diibaratkan sebagai DNA yang hadir secara khusus dan unik sehingga membedakan satu perusahaan dari perusahaan lainnya.
Nilai perusahaan diwujudkan baik melalui budaya, cara kerja, keputusan strategi, bahkan pada produk yang diciptakan. Setiap keputusan perusahaan tentu dibuat berdasarkan nilai yang dipegang. Alhasil, nilai tersebut memengaruhi citra perusahaan di muka publik.
Corporate value yang baik harus menciptakan lingkungan atau budaya yang dipegang oleh setiap karyawannya. Mereka pun harus menghormati nilai-nilai perusahaan dalam segala aspek kehidupan. Alhasil, nilai tersebut bisa membangun komunikasi yang baik serta berpengaruh pada pekerjaan sehari-hari. Setiap orang dalam perusahaan, mulai dari top management sampai di karyawannya, perlu menerapkan nilai tersebut sehingga menjadi sebuah kebiasaan yang mengakar sebagai prinsip hidup.
Seberapa penting corporate value bagi perusahaan? Sangat penting karena membawa manfaat yang signifikan bagi perusahaan. Tidak hanya itu, corporate value merupakan kunci untuk menciptakan perusahaan yang sukses. Mari kita lihat beberapa alasan pentingnya corporate value bagi perusahaan.
Setiap aspek dalam perusahaan selalu memiliki hubungan dengan corporate value, tidak terkecuali dalam proses pengambilan keputusan. Perusahaan bisa lebih mudah dalam mengambil keputusan jika memiliki corporate value yang kuat. Terlebih lagi, landasan yang dipahami oleh karyawan akan membantu mereka dalam menyesuaikan keputusan perusahaan dengan value tersebut.
Corporate value bermanfaat dalam menumbuhkan kekompakan di antara anggota tim. Mereka juga akan lebih mudah dalam mengomunikasikan visi dan misi perusahaan yang telah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja kekompakan tersebut dapat meningkatkan kinerja menjadi lebih optimal sehingga membuat keputusan yang efektif.
Value berguna dalam mendorong motivasi karyawan sehingga mereka lebih banyak terlibat dalam setiap perkembangan perusahaan. Tingkat prioritas karyawan juga lebih jelas dengan value yang dipahami oleh mereka.
Baca Juga: 8 Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan
Mempromosikan brand perusahaan yang konsisten dengan value dapat memberikan kesan positif terhadap pelanggan. Alasannya, pelanggan berkesempatan mengenal lebih dalam tentang perusahaan tersebut. Mereka juga memahami tujuan perusahaan, bahkan cenderung mengasosiasikan diri dengan perusahaan kamu.
Perusahaan cenderung mencari kandidat yang bisa menyesuaikan diri dengan value yang dimiliki. Selain itu, proses perekrutan menjadi lebih mudah karena perusahaan memiliki cara tersendiri untuk menyaring kandidat yang sesuai dengan harapan mereka.
Corporate value yang baik merupakan bagian dari pemahaman dan perencanaan yang baik. Inilah pentingnya bagi perusahaan untuk membuat corporate value yang kuat dan bisa dipertahankan oleh karyawan. Apa saja langkah-langkah dalam membuat corporate value yang baik?
Corporate value hendaknya merupakan kontribusi dari karyawan juga. Mereka bisa memberikan pencerahan atau masukan yang berguna untuk membuat corporate value yang sesuai dengan latar belakang perusahaan. Dalam membuat value, usahakan agar semua orang dapat memberikan pendapat dan tidak cenderung terhadap beberapa pihak. Setiap masukan perlu dinilai secara objektif sehingga hasilnya tidak hanya menguntungkan beberapa pihak saja.
Baca Juga: Komunikasi Internal: Definisi dan Langkah Menciptakannya di Perusahaan
Misi perusahaan bisa digunakan juga dalam menentukan corporate value. Contohnya, brand Patagonia yang ingin menciptakan produk pakaian yang ramah lingkungan. Mereka menerapkan misi tersebut dalam corporate value-nya. Cobalah mengeksplorasi lebih luas lagi mengenai misi tersebut, kemudian sesuaikan dengan value yang ingin dibuat.
Mungkin karyawanmu tidak menanyakan hal yang sama ketika melihat perusahaan. Justru mereka memiliki kepekaan dan mampu memberikan pertanyaan mendasar terkait hal-hal yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Contohnya, apakah ada nilai yang lebih penting melebihi laba perusahaan? Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa digunakan untuk menjelaskan lebih baik mengenai value apa yang sesuai dengan perusahaan.
Value yang dibuat harus bisa menyelami semua bagian perusahaan bahkan dalam aspek terkecil sekali pun. Mulai dari cara bekerja, proses kreatif, menciptakan sebuah produk, atau sampai proses perekrutan, semua perlu diperhatikan sehingga semua pihak yang terlibat dalam perusahaan bisa melakukan hal yang sama. Corporate value yang spesifik bisa memberikan gambaran yang lebih detail mengenai nilai yang dianut oleh perusahaan.
Saran dari pelanggan bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam proses membuat corporate value. satu nilai tersendiri. Langkah ini perlu dipertimbangkan jika perusahaan ingin membangun hubungan yang erat dengan pelanggan melalui value yang direpresentasikan. Perusahaan yang melibatkan kepentingan pelanggan dalam value akan memberikan kesan yang unik daripada kompetitor. Saran yang diberikan bisa saja terkait pelayanan, produk, atau aspek lainnya yang diinginkan agar lebih baik.
Baca Juga: Bagaimana Proses Rekrutmen yang Efektif?
Jadi, apa itu corporate value? Corporate value merupakan nilai yang berkaitan dengan seluruh aktivitas dalam perusahaan. Perlu diketahui corporate value merupakan representasi penting sehingga harus menjadi landasan di setiap aktivitas bisnisnya baik internal dan eksternal.
Tentunya kamu berharap bisa mendapatkan karyawan yang mau menerapkan corporate value perusahaanmu agar hubungan kerja menjadi lebih selaras. Harapan tersebut bisa kamu penuhi dengan menggunakan jasa outsourcing dari RecruitFirst. Melalui tim recruiter yang andal, kami akan membantu menemukan kandidat tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaanmu. Tertarik untuk menggunakan jasa kami? Hubungi segera dan diskusikan apa saja kebutuhan perusahaan kamu. Miliki karyawan yang sependirian dengan value perusahaan dan dapatkan itu bersama RecruitFirst.
There is a proliferation of job related scams across multiple platforms which include websites, WhatsApp and Telegram.
These scams include impersonation of our brand and consultants, including the usage of EA personnel numbers obtained from MOM website.
The scammers may ask for your personal and/or financial information. Please do not share any personal data and do not engage further. Click on the button below to find out how to identify a potential scam message and other important information.