5 Fakta dan Mitos Menarik Tentang Pekerjaan Sales: Apa Saja yang Harus Kamu Tahu?

Saran Karir
17 Mar 2023
<strong>5 Fakta dan Mitos Menarik Tentang Pekerjaan Sales: Apa Saja yang Harus Kamu Tahu?</strong>

Pekerjaan sales seringkali dianggap sebagai pekerjaan yang kurang menarik oleh sebagian orang. Namun, sebenarnya ada fakta dan mitos yang perlu dipahami mengenai pekerjaan ini, terutama di Indonesia. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa mitos tersebut, serta memberikan beberapa tips bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan di bidang sales.

Mitos 1: Pekerjaan sales hanya cocok untuk orang yang punya skill bicara yang bagus.

Fakta: Meskipun skill komunikasi dan persuasi memang sangat penting dalam pekerjaan sales, sebenarnya masih banyak skill lain yang diperlukan seperti kemampuan negosiasi, pemahaman produk, analisis pasar, dan manajemen waktu. Selain itu, pekerjaan sales juga mengharuskan seseorang untuk memiliki integritas dan etika kerja yang baik, karena mereka harus bisa menjaga hubungan baik dengan klien dan perusahaan.

Mitos 2: Pekerjaan sales itu kurang menghasilkan dan tidak ada prospek karir.

Fakta: Meskipun gaji awal dalam pekerjaan sales bisa terlihat kecil, namun dengan komisi dan bonus yang diberikan, pendapatan seorang sales bisa sangat besar. Selain itu, ada banyak peluang untuk naik pangkat dan mendapatkan posisi yang lebih senior di perusahaan, terutama jika seseorang memiliki kemampuan yang baik dalam menjual produk dan memimpin tim.

Mitos 3: Pekerjaan sales itu hanya cocok untuk orang ekstrovert dan outgoing.

Fakta: Meskipun orang yang ekstrovert memang seringkali memiliki keunggulan dalam pekerjaan sales, namun sebenarnya orang introvert juga bisa menjadi sales yang sukses. Kunci sukses dalam pekerjaan sales adalah kemampuan untuk mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan, serta kemampuan untuk membangun hubungan yang baik dengan klien.

Mitos 4: Pekerjaan sales itu hanya melibatkan promosi dan penjualan produk.

Fakta: Pekerjaan sales sebenarnya lebih dari sekadar promosi dan penjualan produk. Seorang sales juga harus memahami produk secara mendalam, menganalisis pasar dan persaingan, mencari peluang pasar baru, serta membangun hubungan yang baik dengan klien. Selain itu, mereka juga harus mengumpulkan feedback dari pelanggan dan melaporkannya kepada perusahaan.

Mitos 5: Semua pekerjaan di bidang sales mengharuskan seseorang untuk menjadi “agresif”.

Fakta: Meskipun beberapa pekerjaan di bidang sales memang mengharuskan seseorang untuk menjadi agresif dalam menawarkan produk atau layanannya, namun tidak semua posisi sales membutuhkan keterampilan tersebut. Misalnya, posisi account manager lebih fokus pada mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan memperluas bisnis dengan pelanggan yang sudah ada, sehingga keterampilan persuasif akan menjadi lebih penting. Selain itu, pekerjaan di bidang sales yang lebih berkaitan dengan konsultasi, seperti sales consultant, membutuhkan keterampilan pendengaran yang baik dan kemampuan untuk memahami kebutuhan pelanggan.

Macam-Macam Pekerjaan di Bidang Sales

Saat ini, terdapat berbagai jenis pekerjaan yang tersedia di bidang sales, tergantung pada jenis industri dan perusahaannya. Nah, di bawah ini adalah beberapa contohnya:

1. Business Development

Fokus posisi ini adalah pada pengembangan bisnis dan mencari peluang baru untuk meningkatkan penjualan. Tugas utamanya antara lain untuk menemukan pelanggan baru dan menjalin hubungan bisnis dengan pelanggan dan mitra.

2. Account Manager

Seorang account manager bertanggung jawab untuk menjaga hubungan dengan pelanggan yang sudah ada. Tugas mereka meliputi mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan memperluas bisnis dengan pelanggan yang sudah ada.  

3. Sales Consultant

Tugas-tugas dari seorang sales consultant meliputi memberikan informasi yang relevan tentang produk atau layanan, mendengarkan kebutuhan pelanggan, dan memastikan bahwa pelanggan memiliki pengalaman pembelian yang baik.

4. Sales Manager

Pekerjaan sales manager focus pada mengelola tim penjualan dan memastikan bahwa target penjualan tercapai. Tugas-tugas dari seorang sales manager meliputi mengatur dan mengawasi aktivitas penjualan, membuat laporan penjualan, dan melatih anggota tim.

5. Client Relations

Seorang client relations memiliki tanggung jawab untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, memastikan pelanggan puas dengan produk atau layanan, dan merespons pertanyaan atau keluhan pelanggan.

Keterampilan Yang Wajib Dimiliki Posisi Sales

Tentu saja, jika seseorang ingin melamar pekerjaan posisi sales, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan keterampilan yang harus dimiliki. Simak beberapa rekomendasi berikut untuk membantu kamu dalam melamar pekerjaan posisi sales:

1. Memahami produk atau layanan yang akan dijual

Seorang sales harus memiliki pemahaman yang baik tentang produk atau layanan yang akan dijual. Mereka harus tahu fitur, manfaat, dan keunggulan produk tersebut sehingga mereka dapat menjualnya dengan baik kepada pelanggan.

2. Keterampilan Komunikasi

Seorang sales harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Mereka harus dapat berbicara dengan jelas, persuasif, dan ramah kepada pelanggan. Kemampuan mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan juga sangat penting.

3. Kemampuan negosiasi

Negosiasi adalah bagian penting dari pekerjaan sales. Seorang sales harus mampu bernegosiasi dengan baik untuk mendapatkan kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

4. Kemampuan manajemen waktu

Seorang sales harus dapat mengatur waktu dengan baik dan memprioritaskan tugas-tugas yang penting. Mereka harus mampu bekerja dalam tekanan dan deadline yang ketat.

5. Motivasi

Pekerjaan sales seringkali menuntut kerja keras dan konsistensi. Seorang sales harus memiliki motivasi dan semangat yang tinggi untuk mencapai target penjualan dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Itu tadi beberapa fakta dan mitos serta tips-tips tentang kerja di bidang sales yang perlu kamu tahu. Walaupun pekerjaan ini seringkali dianggap kurang menarik, tapi sebenarnya banyak posisi di bidang sales yang gajinya oke dan bisa mengembangkan karirmu jadi lebih baik. Buat kamu yang lagi mencari kerja di bidang sales, cari tahu lowongan terbaru dari RecruitFirst di sini dan tips-tips karir terbaru di Blog kami.

Author

Debby Lim

As the practice leader of RecruitFirst Indonesia, Debby brings to the table over 13 years of industry experience.